in

NgakakNgakak TakutTakut SedihSedih SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Soal: Apakah Nabi mempunyai sifat sebagaimana manusia, jelaskan pendapatmu!

Soal: Apakah Nabi mempunyai sifat sebagaimana manusia, jelaskan pendapatmu!
Soal: Apakah Nabi mempunyai sifat sebagaimana manusia, jelaskan pendapatmu!

Apakah nabi mempunyai sifat sebagaimana manusia, jawabannya adalah Iya! Kenapa? Karena Nabi dan Rasul walau pilihan Allah SWT, mereka semua adalah manusia seperti kita.

Penjelasan lebih lanjut akan kau ulas pada artikel ini, dibaca sampai selesai ya! Jika kamu tidak tahu perbedaan Nabi dan Rasul, baca di sini.

Sebagaimana Manusia pada umumnya, yang sering dikatakan sebagai makhluk sosial, dimana Nabi dan Rasul juga memerlukan teman, di zaman itu disebutnya sahabat.

Baca juga: Soal Sebutkan nabi-nabi yang bergelar ulul azmi

Apakah nabi mempunyai sifat sebagaimana manusia ?

25 Nabi yang wajib kita ketahui, semuanya memerlukan makan, minum, istirahat, olahraga, dll. Yang membedakan Nabi/ Rasul dengan manusia adalah sifat maksum.

Apa itu sifat maksum?

Sifat maksum adalah sifat yang menjaga Nabi/ Rasul dari perbuatan dosa. Lalu apakah nabi tidak bisa berbuat dosa? Tentu saja bisa, tetapi jika ada kesalahan/ dosa yang dilakukan seorang Nabi, maka Allah SWT akan mengingatkan dan sesegera mungkin untuk memintanya bertaubat.

Baca juga: Sifat terpuji Nabi Idris AS

Contoh kesalahan Nabi Muhammad S.A.W

Kisah ini tertulis dalam Al-Quran Surah Abasa, begini singkatnya.

Suatu ketika, Nabi Muhammad S.A.W menerima juga berbicara dengan para pemuka Quraisy, dengan tujuan mengajak mereka semua memeluk agama Islam.

Pada saat itu, datanglah seorang buta (Ibnu Ummi Maktum) dengan harapan Nabi Muhammad S.A.W membacakan ayat Al-Quran yang telah diturunkan Allah SWT.

Nah, pada saat itu Nabi bermuka masam juga memalingkan mukanya, maka datanglah teguran dari Allah SWT atas kesalahan itu melalui surah Abasa.

Itulah Contoh kesalahan Nabi Muhammad S.A.W, yang mendapatkan teguran.

Baca juga: Jawaban Soal: sebutkan hikmah iman kepada rasul

Teman, kiranya itu yang dapat aku jelaskan tentang Apakah Nabi mempunyai sifat sebagaimana manusia ? Semoga Allah SWT memaafkan jika ada kesalahan dari tulisanku ini.

Yuk tulis komentar kamu