in ,

Soal: Cara melaksanakan pembangunan dalam aspek bahasa di Sekolah

Cara melaksanakan pembangunan dalam aspek bahasa di Sekolah
Cara melaksanakan pembangunan dalam aspek bahasa di Sekolah

Soal: Cara melaksanakan pembangunan dalam aspek bahasa di Sekolah. Setiap hari kita berinteraksi dengan teman di Sekolah menggunakan Bahasa yang sama, atau Bahasa yang kita pahami bersama.

Menurut sensus BPS tahun 2010, dimana bahasa yang telah diberikan kode sebanyak1211 bahasa (1158 bahasa daerah), data ini menunjukkan bahwa begitu kayanya Indonesia, kenapa demikian?

Jika bahasa sudah berbeda berarti budaya juga pasti beda, tentunya ini jika dilestarikan dan diangkat menjadi satu keunikan tersendiri dapat menarik para wisatawan mancanegara untuk lebih banyak berkunjung, bahkan mungkin untuk belajar bahasa.

Baca juga: Jelaskan pengertian interaksi sosial

Cara melaksanakan pembangunan dalam aspek bahasa di Sekolah

Dari banyaknya bahasa inilah maka diangkat satu Bahasa yang tujuannya untuk mempersatukan Indonesia, yaitu Bahasa Indonesia.

Jadi bagaimana cara melaksanakan pembangunan dalam aspek bahasa di Sekolah? Berikut ini ada beberapa cara yang mungkin dapat kita kerjakan, diantaranya:

Membagi Penggunaan Bahasa Setiap Hari

Maksudnya kita bagi bahasa yang kita gunakan setiap hari, misalnya:

  • Hari Senin Bahasa Indonesia
  • Hari Selasa Bahasa daerah masing-masing
  • Hari Rabu Bahasa Inggris
  • Dan seterusnya

Jadi intinya, dengan pola seperti ini, kita sebagai siswa dipaksa untuk tahu tentang bahasa, khususnya bagi warga sekolah yang baru pindah atau pendatang.

Mengadakan kegiatan perlombaan

Jika kamu anggota OSIS, tentunya ini akan menjadi kegiatan seru jika dimasukkan ke dalam Program Kerja OSIS (Proker). Perlombaan dapat berupa:

  1. Menulis cerpen dengan berbagai bahasa
  2. Pembacaan puisi pada hari besar Nasional
  3. Lomba drama
  4. Dll

Mengadakan Seminar tentang literasi

Dengan mengundang pembicara yang ahli tentang bahasa, tentunya kita akan tahu banyak hal tentang bahasa. Tujuannya agar kita lebih mengenal dan dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Kegiatan ini tentunya diperlukan peran dan dukungan dari sekolah, maka OSIS lah yang seharusnya memiliki ide-ide kreatif pada program kerjanya.

Baca juga: Tata Tertib Berpakaian di Sekolah Dasar (SD)

Itulah penjelasan singkat dari aku tentang cara melaksanakan pembangunan dalam aspek bahasa di Sekolah, mohon koreksi jika aku salah. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membagikan artikel ini.

Yuk tulis komentar kamu