in ,

NgakakNgakak TakutTakut SedihSedih SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Soal: Gambarkan secara visual salah satu dampak dari globalisasi

Gambarkan secara visual salah satu dampak dari globalisasi
Gambarkan secara visual salah satu dampak dari globalisasi

Soal: Gambarkan secara visual salah satu dampak dari globalisasi di Indonesia. Informasi dari berbagai negara yang mudah diakses adalah salah satu bentuk globalisasi pada suatu bangsa.

Salah satunya adalah orang tidak lagi harus kursus bahasa asing di tempat les, melainkan cukup mengakses youtube, atau mengunduh aplikasi gratis.

Begitu juga penggunakan smartphone yang mendorong para perusahaan besar di bidang teknologi berlomba membuat smartphone dengan harga terjangkau.

Perusahaan startup di bidang aplikasi juga banyak bermunculan guna menunjang maraknya gawai pintar beredar di Indonesia.

Baca juga:

Soal: Gambarkan secara visual salah satu dampak dari globalisasi

Dampak globalisasi di bidang teknologi informasi adalah dengan ditemukannya alat-alat elektronik yang mampu menunjang kebutuhan sehari-hari penggunanya.

Misalnya ditemukannya komputer, laptop, smartophone, dan jaringan internet, dimana semua itu saling terkait sehingga masuknya budaya asing atau hal lain yang mengancam budaya bangsa cepat menyebar.

Pelajar yang baik seperti kita, sudah sepantasnya bisa memilah dan memilih mana yang baik untuk dan buruk untuk kita.

Gambar visual dampak globalisasi
Gambar visual dampak globalisasi

Download “Gambar dampak dari globalisasi” contoh-gambar-visual-globalisasi.jpg – Downloaded 465 times – 43 KB

Dari gambar di atas dapat kita lihat bahwa dampak positif globalisasi adalah:

  1. Penyimpanan data online
    Dahulu kita harus menggunakan disket atau flashdisk untuk menyimpan data, kini dengan banyak jasa penyedia online dan gratis, kita dapat menyimpan data seperti musik, dokumen, foto, video, dll secara online, contohnya google dive.
  2. Berita Online
    Dahulu untuk mengakses berita kita harus membeli surat kabar (koran) atau majalah, kini banyak surat kabar yang sudah menggunakan epaper, sehingga hanya menggunakan gawai dapat dengan mudah mengaksesnya.
  3. Peta Online (Map)
    Kita tidak akan tersesat lagi dengan mengakses map secara online, selama masih terhubung dengan internet
  4. Komunikasi Online
    Maraknya berbagai jenis aplikasi sosial media yang membantu kita untuk berkenalan dengan warga negara lain, tanpa harus berjabat tangan dengannya. Aplikasi chatting seperti Whastapp (Wa Web), BBM, dll juga membantu memudahkan kita karena hemat kuota.
  5. Belanja Online
    Tidak hanya bisa belanja produk lokal saja, kini kita dapat membeli produk luar negeri dengan banyak pilihan produk
  6. Belajar Online
    Kita tidak akan kesusahan lagi mencari referensi dalam belajar, semua tersedia dengan mudah di internet, walau ada yang berbayar dan gratis.

Semua kemudahan itu, jika kita tidak bisa mengontrolnya, dan menggunakannya dengan bijak, maka akan berdampak buruk pada diri kita sendiri dan orang lain.

Misalnya saja, demam K-Pop yang marak pada anak-anak usia sekolah di Indonesia, tentunya jika dibiarkan berkelanjutan tentunya akan membuat budaya asli kita akan terkikis dan terlupakan.

Itulah kenapa pengaruh globalisasi terhadap budaya bangsa dan menjadi tantangan tersendiri untuk kita. Untuk itu, bijaklah dalam berbagai hal yang berbau asing, tetapi tetap menganggap itu ada dan ambil positifnya.

Baca juga Mengapa globalisasi menjadi tantangan tersendiri untuk kita?

Itulah penjelasan singkat dari aku sebagai jawaban dari soal: gambarkan secara visual salah satu dampak dari globalisasi.

Baca juga: Mengapa IPTEK memiliki hubungan yang erat gengan globalisasi?

Terima kasih sudah membaca, jika kamu suka sebarkan ya, biar banyak anak-anak Indonesia yang tambah bijak menyikapi era globalisasi.

Yuk tulis komentar kamu