in

NgakakNgakak TakutTakut SedihSedih SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Soal: Jelaskan mekanisme inspirasi dan ekspirasi pada sistem pernapasan manusia

Jelaskan mekanisme inspirasi dan ekspirasi pada sistem pernapasan manusia
Jelaskan mekanisme inspirasi dan ekspirasi pada sistem pernapasan manusia

Jelaskan mekanisme inspirasi dan ekspirasi pada sistem pernapasan manusia. Pada kelas IX, pelajaran Biologi, belajar tentang pernapasan. Sebagaimana kita tahu bahwa manusia bernapas menggunakan paru-paru.

Oksigen (O2) yang kita hirup setiap hari itu bersumber dari pohon. Apakah kamu tahu bahwa ada hewan yang menghasilkan banyak oksigen? nama hewan itu adalah planton (fitoplankton), ilmuwan dari Universitas California, Santa Barbara (UCSB) dan Oceanografi Woods Hole (WHOI) telah melakukan penelitian tentang ini.

Baik, kembali lagi pada tema kita, kali ini tentang pernapasan manusia. Pada saat manusia menghirup udara, mana dia menghirup oksigen, kemudan mengeluarkan karbondioksida (CO2) dan uap air.

Baca juga: cara kerja peredaran darah manusia

Jelaskan mekanisme inspirasi dan ekspirasi pada sistem pernapasan manusia

Proses pernapasan itu dilakukan oleh semua makhluk hidup, tidak terkecuali manusia. Pada proses bernapas itulah ada yang disebut dengan inspirasi dan ekspirasi.

Baca juga: Jelaskan organ penyusun sistem pernapasan manusia beserta fungsinya

Pada manusia terdapat dua proses pernapasan, yaitu pernapasan dada dan pernapasan perut, berikut penjelasan singkatnya:

Proses pernapasan Dada

Pada proses pernapasan dada ini, melibatkan otot yang berada antara tulang rusuk, berikut penjelasan singkatnya:

  1. Fase inspirasi. Proses masuknya oksegin ke dalam tubuh dengan berkontraksinya otot-otot diantara tulang rusuk, yang mengakibatkan rongga dada menjadi terangkat dan membesar, tentunya oksigen akan masuk lebih banyak, karena tekanan rongga dada bagian dalam menjadi kecil.
  2. Fase ekspirasi. Proses keluarnya udara (relaksasi) atau karbondioksida dari dalam tubuh, karena tekanakan rongga dada bagian luar sudah mengecil dan rongga dada bagian dalam membesar.

Baca juga: Akibat gangguan pada organ peredaran manusia

Proses pernapasan perut

Apa yang dimaksud dengan pernapasan perut? Proses pernapasan perut ini merupakan proses bernapas yang melibatkan otot diaframa atau oto yang memisahkan antara rongga dada dan perut.

  • Fase inspirasi. Proses inspirasi pada pernapasan perut adalah ketika otot diafragma bekerja dan rongga dada membesar, maka tekanan rongga dada mengecil, kemudian masuklah oksigen
  • Fase ekspirasi. Otot diaframa kembali pada posisi semula (relaksasi), maka tulang rusuk turun juga dan karbondioksida keluar.

Mungkin itulah penjelasan singkatnya. Jadi perbedaan inspirasi dan ekspirasi adalah proses masuk dan keluarnya udara dari dalam tubuh kita. Semoga dengan artikel ini kamu jadi tahu bagaimana mekanisme inspirasi dan ekspirasi saat kita bernapas.

Baca juga: Dehidrasi menyebabkan darah menjadi?

Inti dari semua itu adalah ketersedian oksigen, jika kita tidak berada pada tempat yang mengandung oksegen cukup banyak, maka gangguan atau penyakit pada sistem pernapasan bisa terjadi. Demikian penjelasan soal Jelaskan mekanisme inspirasi dan ekspirasi pada sistem pernapasan manusia, mohon koreksi ya, aku juga masih belajar.

Yuk tulis komentar kamu