in

Soal: Jelaskan Pengertian Halalan Thayyiban

Jelaskan Pengertian Halalan Thayyiban
Jelaskan Pengertian Halalan Thayyiban

Soal: Jelaskan pengertian halalan thayyiban. Ini pelajaran kelas 8, Sekolah Menengah Pertama (SMP), materi Pendidikan Agama Islam (PAI).

Kalimat ḥalālan ṭayyiban berasal dalam bahasa arab, pada Alquran surah Al-Baqarah, ayat 168, sudah dijelaskan tentang ini. Sobat penulis cilik, bisa lihat pada

Arab: يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ كُلُوْا مِمَّا فِى الْاَرْضِ حَلٰلًا طَيِّبًا ۖوَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِۗ اِنَّهٗ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ
Latin: yā ayyuhan-nāsu kulụ mimmā fil-arḍi ḥalālan ṭayyibaw wa lā tattabi’ụ khuṭuwātisy-syaiṭān, innahụ lakum ‘aduwwum mubīn

Jelaskan Pengertian Halalan Thayyiban

Arti dari surah Al-Baqarah, ayat 168 tersebut adalah: Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagimu.

Jadi makna dari ayat itu bahwa Allah Subhanahu Wa Ta’ala memerintahkan kita semua, untuk memakan makanan yang halal lagi baik.

Kata ḥalālan merupakan sesuatu yang diperbolehkan berhubungan dengan makanan, kemudian kata sifat thayyiban, jadi artinya kita harus memakan makanan yang:

  • Enak dan Baik bagi tubuh
  • Tidak merusak
  • Tidak menjijikkan
  • Tidak kadaluwarsa
  • Tidak bertentangan perintah dengan aturan dari Allah SWT

Baca:
Jelaskan 5 pentingnya ilmu dalam kehidupan
Adab makan dan minum
Makanan Khas Indonesia Yang Terkenal Di Sydney
Apa manfaat kita makan buah
Doa sebelum makan dan sesudah makan sesuai sunnah
Lupa membaca doa sebelum makan, apa doanya?

Sobat penulis cilik, jadi itulah jawab dari soal: Jelaskan Pengertian Halalan Thayyiban. Koreksi jika aku salah dan bagikan jika ini bermanfaat.

Yuk tulis komentar kamu