in

SedihSedih

Soal: Jelaskan penyebab keragaman agama di Indonesia

Jelaskan penyebab keragaman agama di Indonesia
Jelaskan penyebab keragaman agama di Indonesia

Jelaskan penyebab keragaman agama di Indonesia. Apa kabar kalian, bagaimana sekolahnya? masih semangatkan, hehe. Di Indonesia ada 6 Agama yang diakui, berarti sudah jelas kita mengakui dan menghormati keberagaman.

Agama sangat penting di Indonesia, terbukti dari adanya sila pertama Pancasila. Rasa saling menghormati dan menghargai satu sama lain, itulah yang menjadikan perbedaan itu menjadi indah dan terpelihara dengan baik.

Pada artikel yang aku mau jawab soal mengapa bisa terjadi keberangaman agama di Indonesia, mau tahu jawabannya?

Baca juga: Agama di Indonesia

Jelaskan penyebab keragaman agama di Indonesia

Indonesia terletak pada jalur perdagangan dunia, diman semua kapal-kapal pedagang mampir untuk bedagang di Indonesia, bahkan ada yang menetap/ tinggal di daerah Indonesia bahkan sampai menikah dengan orang Indonesia.

Baca juga: Sikap yang menunjukkan sikap persatuan dan kesatuan

Dari sanalah awal mula masuknya berbagai agama ke Indonesia, berikut ini daftar peroses masukknya agama di Indonesia (wikipedia), diantaranya:

  • Agama Hindu dan Buddha, pada abad ke-2 dan ke-4 Masehi sudah ada di Indonesia, para pedagang dari India yang datang ke Sumatera, Jawa dan Sulawesi.
  • Agama Islam, pada abad ke-14 melalui pedagang di Gujarat dan India
  • Agama Kristen Katolik, penyebarannya oleh bangsa Portugis, khususnya di pulau Flores, dan Timor
  • Agama Kristen Protestan, pada abad ke-16 oleh bangsa Belanda dan Calvinis dan Lutheran.

Keyakinan dan kepercayaan yang berbeda-beda itu menyebabkan perpecahan antar masyarakat kala itu, maka setelah terbentuk Negara Indonesia, dibuatlah aturan tertulis yang tertuang dalam dalam UUD ’45 sebagai dasar negara dan Pancasila sebagai ideologi.

Baca juga: Penyebab keberagaman suku di Indonesia

Kiranya itu aja penjelasan dari aku tentang jawaban soal Jelaskan penyebab keragaman agama di Indonesia. Koreksi jika aku salah ya. Terima kasih sudah dan membagikan ini.

Contributor

Ditulis oleh Noviani

Content AuthorQuiz Maker

Yuk tulis komentar kamu