in ,

Soal: Mengapa bisa globalisasi mempengaruhi budaya Indonesia?

Soal: Mengapa bisa globalisasi mempengaruhi budaya Indonesia?
Soal: Mengapa bisa globalisasi mempengaruhi budaya Indonesia?

Mengapa bisa globalisasi mempengaruhi budaya indonesia? Bagaimana pengaruh globalisasi terhadap budaya nasional? Dengan adanya globalisasi, semu budaya baru akan masuk ke suatu bangsa.

Umumnya budaya baru dianggap lebih menarik untuk ditiru, apa lagi jika budaya itu dirasakan lebih baik dan lebih terlihat keren, setidaknya itu yang dirasakan anak-anak.

Apa itu globalisasi?

Globalisasi adalah suatu proses integrasi secara global (internasional), proses ini terjadi karena adanya pertukaran budaya, pemikiran baru, dll. Itu yang aku kutip dari wikipedia.

Baca juga: Soal:

  1. Apa yang harus kita lakukan untuk menghadapi era globalisasi?
  2. Gambarkan secara visual salah satu dampak dari globalisasi

Jelaskan mengapa bisa globalisasi mempengaruhi budaya Indonesia?

Kunci jawaban: Globalisasi tidak hanya dirasakan di Indonesia, melainkan semua negara yang memperbolehkan budaya asing masuk ke dalam suatu negara.

Jika budaya asing masuk, tentunya memiliki pengaruh dan dampak:

  1. Dampak positif adalah kita mengenal budaya asing dan dapat mempelajarinya untuk mengambil kebaikan yang terkandung di dalamnya.
  2. Dampak negatif adalah budaya kita dapat tergeser, jika generasi mudanya tidak memiliki pemahaman mendalam tentang budaya sendiri, sehingga timbul rasa bangga menggunakan budaya asing.

Intinya, sebagai negara yang terkenal dengan keramah tamanah dan budaya yang kental, sebaiknya kita mampu memilah dan memilih mana budaya asing yang baik dan mana yang berdampak buruk dalam bidang budaya bangsa indonesia.

Jangan sampai membuat budaya kita sendiri kalah dengan budaya asing, bahkan membuat kita melanggar norma-norma yang berlaku hanya untuk menjunjung tinggi budaya asing. Tentunya jika ini terjadi, maka globalisasi menjadi tantangan tersendiri untuk kita.

Baca juga:

  1. Mengapa globalisasi menjadi tantangan tersendiri untuk kita?
  2. Mengapa IPTEK Memiliki Hubungan Yang Erat Dengan Globalisasi?

Itulah penjelasan singkat dari aku tentang dampak globalisasi mempengaruhi budaya Indonesia. Semoga bermanfaat, terima kasih sudah mau membagikan artikel ini. Koreksi jika aku salah ya.

Yuk tulis komentar kamu