in ,

KerenKeren

Soal: Mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial?

Mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial?
Mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial?

Soal: Mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial? Status sosial dalam masyarakat itu penting, itu juga yang menjadikan alasan banyak orang untuk berlomba dalam bekerja atau mencari pekerjaan.

Pada artikel sebelumnya tentang contoh mobilitas sosial naik atau turun, dijelaskan juga tentang jenis-jenis dan Pengertian mobilitas sosial.

Mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial?

Faktor ekonomi dalam mobilitas sosial itu sangat menunjang sekali keberhasilan seseorang. Umunya orang yang berkecukupan akan mudah mendapatkan pendidikan baik formal maupun informal dengan baik.

Contoh di sekolah:

Orang yang kurang mampu, sering putus sekolah, berbeda dengan orang yang hidup serba kecukupan, dia mudah dalam melakukan apapun, mau sekolah negeri atau swasta dia mampu membayarnya.

Maka dari itu, Pemerintah terus berupaya untuk memperbaiki itu semuanya, misalnya dengan adanya program Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Bantuan Siswa Miskin (BSM), dll.

Semua itu tujuannya agar semua orang mendapatkan pendidikan yang sama minimal jenjang SMA, karena setelah itu akan banyak beasiswa bagi siswa yang berprestasi, sehingga dapat melanjutkan untuk kuliah.

Di zaman sekarang ini, semua serba mudah, banyak aplikasi sosial media yang mampu menghasilkan uang, bahkan youtube sendiri sudah mampu membuka banyak lapangan pekerjaan bagi content creator.

Jadi intinya adalah dengan usaha dan kemauan yang keras, maka seseorang akan berhasil merubah status sosial menjadi naik.

Baca juga:

  1. Dampak Mobilitas Sosial
  2. Tujuan Sekolah Secara Umum

Masih banyak hal lain atau faktor penghambat mobilitas sosial, mungkin nanti aku bahas pada artikel selanjutnya.

Itulah penjelasan singkat tentang Mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial? Mohon koreksi jika aku salah. Terima kasih sudah membaca dan membagikan artikel ini.

Comments

Yuk tulis komentar kamu

Loading…

0

Komentar FB

0