in

NgakakNgakak TakutTakut SedihSedih SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Soal: mengapa kita harus memiliki sikap empati?

Soal: mengapa kita harus memiliki sikap empati?
Soal: mengapa kita harus memiliki sikap empati?

Mengapa kita harus memiliki sikap empati? Jika kamu memiliki teman yang sedang tertimpa musibah apa yang kamu lakukan?

Apakah lantas kamu membantunya atau hanya membiarkan dan mengolok-oloknya, tentunya teman yang baik akan membantu dan memberikan pertolongan dengan ikhlas.

  • Apa itu sikap empati?
  • Apa yang kamu ketahui tentang empati?

Pengertian empati adalah perasaan yang timbul dari diri sendiri yang sama dengan orang lain atau merasakan yang orang lain rasakan, baik itu tertimpa kesedihan akibat musibah atau kesusahan lainnya.

Menurut wikipedia, empati dalam bahasa Yunanai (εμπάθεια) artinya ketertarikan fisik dapat diartikan sebagai respons afektif juga kognitif yang cukup kompleks pada distres emosional orang lain.

Baca juga: Cara meredakan amarah

Mengapa kita harus memiliki sikap empati?

Jawaban dari pertanyaan itu adalah karena kita sebagai manusia yang tidak bisa hidup sendiri.

Semagai makhluk sosial kita harus saling membantu, karena kita tidak mungkin hidup sendiri, jika ada musibah, orang lainlah yang akan memabtu kita.

Tentunya dengan sikap saling tolong menolong antar teman akan memupuk rasa saling menyayangi dan mengasihi satu sama lain.

Baca juga:

Akibatnya, persahabatan dan silaturrahmi akan terus terjalin dengan baik, maka perselilisihan dan pertengkaran dapat dihindari dengan sendirinya.

Percaya atau tidak, jika kita menolong orang, kita akan ditolong juga, baik oleh orang yang kita tolong atau orang lain yang sama sekali tidak kita kenal.

Apa yang kamu ketahui tentang empati?

Jadi bagaimanakah cara menumbuhkan sikap empati? Cukup dengan membantu dan menolong sesama teman maka rasa empati itu akan timbul dengan sendirinya.

Contoh perilaku empati dalam kehidupan sehari-hari adalah Jika kamu melihat teman yang terjatuh di lingkungan sekolah, maka kamu harus membantunya untuk berdiri dan membawanya ke Unit Kesehatan Sekolah (UKS) untuk segera diberikan pertolongan jika dia terluka.

Baca juga:

Kiranya itu saja yang bisa aku jelaskan tentang soal mengapa kita harus memiliki sikap empati? apa yang kamu ketahui tentang empati? Terima kasih sudah membaca dan membagikannya, oia koreksi jika aku salah ya!

Yuk tulis komentar kamu