in ,

Soal: Peran dan fungsi keragaman budaya di Indonesia

Soal: Peran dan fungsi keragaman budaya di Indonesia
Soal: Peran dan fungsi keragaman budaya di Indonesia

Soal: Peran dan fungsi keragaman budaya di Indonesia. Sebagai bangsa yang majemuk dengan keragaman, membuat Indonesia unik di mata dunia.

Jumlah suku, bahasa, makanan, kesenian, dan budaya yang tidak sama, menjadikan kita semua satu dalam perbedaan. Itulah Indonesia, negara yang kita cintai.

Menurutku, pengertian peran dan fungsi keragaman budaya adalah sebagai identitas bangsa yang menyatukan warga negara Indonesia.

Banyak sumber dari buku atau internet tentang contoh peran dan fungsi keragaman budaya di Indonesia, termasuk makalah ini (link).

Baca juga: Apa saja yang menjadikan perbedaan budaya pada masyarakat Indonesia?

Peran dan fungsi keragaman budaya di Indonesia

Berikut ini adalah beberapa hal terkait peran dan fungsi keragaman budaya di Indonesia, diantaranya:

Daya tarik wisata

Tidak hanya warga lokal, warga asing juga tertarik dengan budaya Indonesia, tentunya itu akan mendorong perekonomian daerah sekitar dan sumber penghasilan kepada negara.

Contoh :

  1. Candi Borobudur di DIY Yogyakarta
  2. Tari kecak dari Bali
  3. Wayang golek dari Jawa Barat

Baca juga: Pengertian kebudayaan non benda

Pengakuan dunia

Salah satu budaya nasional adalah batik, diakui sebagai warisan nusantara (Indonesia), bahkan UNESCO menetapkan sebagai warisan dunia, Pemerintah menetapkan tanggal penetapan itu sebagai Hari Batik Nasional 2 Oktober.

Maka dari itu, kita sebagai generasi muda harus selalu percaya diri dan melestarikan budaya masing-masing di daerah Indonesia.

Baca juga: Mengapa bisa globalisasi mempengaruhi budaya Indonesia?

Penggerak ekonomi

Dengan diwajibkannya menggunakan batik setiap hari Jum’at untuk pegawai, atau pakaian adat, tentunya menambah permintaan pembuatan baju/ sejenisnya dan mendorong pembukaan lapangan pekerjaan bagi warga.

Beberapa desainer juga menggunakan kain batik sebagai bahan pembuatan pakain, tentunya selain terus melestarikan budaya juga mendorong inovasi budaya nasional.

Mempersatukan Indonesia

Budaya yang beda, tidak membuat warga negara menjadi terpecah belah, justru menambah rasa toleransi dengan bentuk saling menghargai dan menghormati.

Bahkan beberapa warga yang berbeda suku, dengan bangga mengenakan pakaian adat suku lain, selain bentuk penghormatan, adanya rasa memiliki budaya itu sudah tertanam turun termurun.

Kesimpulan

Jadi, kesimpulan peran dan fungsi keragaman budaya di Indonesia adalah sebagai identitas bangsa yang harus terus dilestarikan dan dijaga dengan baik.

Jangan lantas gara-gara budaya asing masuk, yang lebih modern atau kekinian, lantas kita sebagai generasi muda malah melupakan budaya sendiri.

Baca juga: Sebutkan Tugas dan Fungsi Komnas Perlindungan Anak Indonesia

itulah penjelasan singkatku tentang contoh peran dan fungsi keragaman budaya di indonesia beserta kesimpulannya, mohon koreksi jika aku salah.

Yuk tulis komentar kamu