in ,

SenangSenang KerenKeren

Soal: Rumah adat tongkonan berasal dari?

Soal: Rumah adat tongkonan berasal dari?
Soal: Rumah adat tongkonan berasal dari?

Soal: Rumah adat tongkonan berasal dari? Beragam suku bangsa yang negara Indonesia memberikan nilai khusus bagi negara lain melihat Indonesia.

Lebih dari 1000 Suku bangsa yang ada di Indonesia, semuanya unik, begitu juga dengan tempat tinggal aslinya. Salah satunya adalah tongkonan.

  1. Ciri ciri lagu daerah
  2. Kumpulan lagu daerah 34 provinsi
  3. Keunikan Desa di Bali

Rumah adat tongkonan berasal dari mana ya?

Jawaban: Rumah adat tongkonan berasal dari provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya dari daerah Toraja.

Latar belakang pembuatan desain rumah ini berkaitan erat dengan falsafah dan kebudayaan masyarakat Toraja, dimana desain dan arah juga tidak sembarangan.

Baca juga: Soal: Tari topeng berasal dari daerah?

Apa itu rumah adat tongkonan?

Tongkonan adalah sebuah rumah adat yang desain atapnya melengkung, mirip seperti perahu. Bagian depan rumah menghadap ke Utara.

Dahulu rumah ini atap aslinya tersusun daru kumpulan bambu, namun seiring dengan perkembangan zaman, seng (besi lempengan tipis) sudah menggantikan fungsi bambu. Walau ada juga yang menggabungkan keduanya.

Umumnya banyak tanduk kerbau berderet di bagian depan rumahnya, ini juga keunikan rumah adat tongkonan sehingga dapat menarik wisatawan yang berkunjung ke Toraja. Lalu apa fungsi rumah tongkonan?

Apa kegunaan rumah adat Tongkonan?

Rumah adat tongkonan bagi masyarakat Toraja tidak hanya berfungsi sebagai tempat tinggal, tetapi ada kepercayaan bahwa rumah adalah Ibu, sedangkan lumbung padi (alang sura) adalah ayah, maka dari itu rumah dan lumbung padi selalu berhadapan, karena merupakan sepasang.

Untuk mengetahui lebih jauh atau identifikasi identifikasi rumah tongkonan serta penjelasannya, mungkin kamu harus coba berkunjung ke sana, hehe.

Baca juga: Suku Asmat Berasal Dari Provinsi Mana?

Terima kasih sudah membaca soal tentang Rumah adat tongkonan berasal dari? Semoga bermanfaat dan mohon koreksi jika aku salah.

Yuk tulis komentar kamu