in ,

NgakakNgakak TakutTakut SedihSedih SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Soal: Sebutkan 5 Upaya Pembangunan Ekonomi di Daerah Pantai dan Pegunungan

Upaya Pembangunan Ekonomi di Daerah Pantai dan Pegunungan
Upaya Pembangunan Ekonomi di Daerah Pantai dan Pegunungan

Soal: Sebutkan 5 Upaya Pembangunan Ekonomi di Daerah Pantai dan Pegunungan. Indonesia merupakan negara kepulauan, itu juga yang menjadi daya tarik banyak wisatawan asing berkunjung ke Indonesia.

Walau selat memisahkan banyak pulau, namun itu menjadi satu keuntungan tersendiri, dimana banyak sekali budaya, bahasa daerah, dan suku dari masing-masing pulau di Indonesia menjadi ciri dari masing-masing pulau.

Baca juga: Nilai yang dapat dipetik dari terbentuknya kepulauan Indonesia.

Daratan dari masing-masing pulau memiliki banyak daerah pegunungan yang masih pohon asli di dalamnya, tentunya ini sangat baik untuk menyumbang oksigen sehingga mengurangi efek rumah kaca.

Baca jug: Gambar rantai makanan

Pembangunan Ekonomi di Daerah Pantai dan Pegunungan

Tujuan pembangunan ekonomi daerah pantai dan pegunungan adalah agar semua lapiran masyarakat mendapatkan kelaikan yang sama seperti di kota.

Sehingga ekonomi di daerah pesisir pantai dan pegunungan menjadi tumbuh, tentunya jika ini sudah berjalan dengan baik, dapat menekan jumlah urbanisasi penduduk atau perpindahan penduduk dari desa ke kota.

Baca juga: Pentingnya menjaga keseimbangan alam dan kelestarian Sumber Daya Alam

Soal: Sebutkan 5 upaya pembangunan ekonomi di daerah pantai

Berikut ini adalah 5 upaya pembangunan ekonomi di daerah pantai, diantaranya:

  1. Memberikan bantuan kepada nelayan agar dapat menggunakan alat modern, sehingga dalam proses penangkapan ikan tidak mengganggu lingkungan dasar laut. Dimana yang sering terjadi, cara cepat menangkap ikan di laut, para nelayan menggunakan bom.
  2. Pembangunan tempat pengolahan ikan yang memiliki fasilitas pengelolaan limbah hasil laut
  3. Pembangunan sarana dan prasarana untuk menarik wisatawan asing dan lokal.
  4. Pelestarian terumbu karang, kenapa ini penting? karena selain tempat berkembang biaknya ikan, terumbu karang yang indah menjadi objek wisata scube.
  5. Pelestarian hutan bakau di pinggir pantai sangat penting untuk menekan lebar abrasi atau pengkisan pantai akibat air laut.

Baca juga: Sumber Daya Alam Pulau Sumatra

Soal: Sebutkan 5 upaya pembangunan ekonomi di daerah pegunungan

Berikut ini adalah 5 upaya pembangunan ekonomi di daerah pegunungan, diantaranya:

  1. Perbaikan jalan sebagai akses keluar masuk petani dalam melakukan aktivitas berkebun dan bertani.
  2. Membangun sarana dan prasarana untuk menciptakan objek wisata baru yang instagramable, sehingga menjadi daya tarik pariwisata pegunungan.
  3. Memberikan akses permodalan kepada petani dalam mengolah dan mengelola hutan dan sawah, sehingga lebih ramah lingkungan.
  4. Pembangunan waduk atau bendungan dapat membantu warga pegunungan mendapatkan sumber air untuk kebutuhan hidupnya juga tanaman.
  5. Peremajaan hutan dan perkebunan dapat meningkatkan jumlah serapan air oleh tanah sehingga terhindar dari longsor atau banjir.

Baca juga:

  1. 10 contoh SDA yang dapat diperbaharui dan tidak
  2. Contoh Hak dan Kewajiban Penggunaan SDA

Tentunya Pemerintah juga membuat kebijakan yang mnegntungkan kepada para petani lokal, sehingga hasil pertanian atau perkebunannya dapat bersaing dengan produk impor.

Terima kasih sudah membaca 5 Upaya Pembangunan Ekonomi di Daerah Pantai dan Pegunungan, semoga bermanfaat. Mohon maaf jika ada kesalahan, tolong dikoreksi ya.

Yuk tulis komentar kamu