in ,

SenangSenang KerenKeren NgakakNgakak SedihSedih TakutTakut KagetKaget

Soal: Teks Prosedur Cara Hemat Dalam Membelanjakan Uang Jajan

Soal: Teks Prosedur Cara Hemat Dalam Membelanjakan Uang Jajan
Soal: Teks Prosedur Cara Hemat Dalam Membelanjakan Uang Jajan

Soal: Teks Prosedur Cara Hemat Dalam Membelanjakan Uang Jajan. Mengingatkan kembali pelajaran di Sekolah. Berikut ini adalah pernyataan umum dari soal ini:

Apa itu teks prosedur?

Teks Prosedur adalah uraian dari sebuah karya tulis (artikel) yang isinya adalah tahapan atau langkah-langkah dalam mencapai suatu tujuan.

Apa tujuan pembuatan teks prosedur?

Tujuan Teks Prosedur adalah membatu pembaca dalam menyelesaikan masalah, atau hal lain yang memerlukan penjelasan detail tahap demi tahap penyelesaiannya.

Baca juga: Cara menabung untuk membeli hp

Teks Prosedur Cara Hemat Dalam Membelanjakan Uang Jajan

Menghemat uang jajan itu perlu sekali dilakukan seorang pelajar di Sekolah, karena uang sisa dapat kita tabung, dan dipergunakan untuk keperluan mendadak.

Umumnya anak-anak menghemat uang jajan adalah untuk menabung membeli sesuai, seperti smartphone, laptop terbaru, dll.

Berikut ini adalah contoh Teks Prosedur tentang menghemat uang jajan menggunakan kata kerja imperatif, diantaranya:

Membuat Jadwal Harian

Dengan membuat jadwal harian, mulai dari bangun tidur, sarapan, berangkat ke sekolah, belajar, pulang ke rumah, sampai tidur lagi.

Silahkan data sedetail mungkin hal-hal apa saja yang akan kamu lakukan dalam setiap harinya, sehingga kamu bisa melakukan antisipasi, berapa uang jajan yang harus dibelanjakan di sekolah, dan ditempat lain, jika memang ada kegiatan tambahan.

Baca juga: Download template jadwal harian lucu

Membuat Daftar Belanjaan

Daftarlah hal-hal apa saja yang mungkin memerlukan uang dalam setiap harinya, misalnya ongkos berangkat ke sekolah, jajan waktu istirahat, ongkos pulang ke rumah, dll. Dengan ini, kamu akan bisa menghemat uang jajan.

Buat Target Yang Ingin Dicapai

Target ini juga penting, misalnya untuk membeli sepeda, tas sekolah, dll. Dengan adanya target ini, kamu akan rajin dan bijak dalam menggunakan uang jajan, apa lagi jika sudah tertanam di dalam hati tidak ingin merepotkan kedua orang tua yang sudah susah payah menyekolahkan.

Disiplin Menggunakan Uang

Jangan tergiur dengan teman yang membeli jajan yang banyak, atau tergiur dengan barang-barang baru milik teman, pastikan kamu harus menyisihkan uang jajan setiap hari.

Buatlah Celengan

Celengan sangat membantu kamu untuk disiplin, karena biasanya uang yang sudah dimasukkan ke dalam celengan susah untuk diambil lagi, berbeda jika kamu menyimpan uang itu di dompet atau selipan buku, hehe.

Penegasan ulang cara hemat dalam membelanjakan uang jajan

Jadwal harian akan membantu kamu mendata semua kegiatan dalam setiap harinya, kunci sukses dalam menghemat uang jajan adalah kamu harus disiplin, sehingga target tercapai sesuai jadwal.

Baca juga: Cara Menghemat Uang Jajan Harian Dengan Mudah

Terima kasih sudah membaca Teks Prosedur Cara Hemat Dalam Membelanjakan Uang Jajan, semoga bermanfaat, mohon koreksi jika aku salah ya.

Yuk tulis komentar kamu