in

NgakakNgakak TakutTakut SedihSedih SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Story telling pendek dan mudah dihafal – Lutung Kasarung

Story telling pendek dan mudah dihafal - Lutung Kasarung
Story telling pendek dan mudah dihafal - Lutung Kasarung

Lutung Kasarung – Story telling pendek dan mudah dihafal dan ringkasan cerita lutung kasarung Pada zaman dahulu kala di tatar pasundan, hiduplah dua orang putri yang yang bernama Purbasari dan kakaknya Purbararang. Namun, ayahnya Prabu Tapak Agung sakit, “Anakku, Ayah sudah tidak sehat lagi, aku ingin kamu mengantikkan aku Putriku Purbasari,” ucapnya dengan tersedu-sedu.

Story telling pendek dan mudah dihafal - Lutung Kasarung
Story telling pendek dan mudah dihafal – Lutung Kasarung

Putri Purbararang yang tidak setuju, karena merasa pantas menjadi ratu dan memimpin negeri, kemudian mengadu dan menemui tunangannya yang bernama Indra Jaya, “Kamu temui saja nenek sihir untuk mengutuknya,” jelas Indra jaya yang sama-sama memiliki sifat yang jahat.

Keesokan harinya Purbararang mengusir Putri Purbasari di depan umum karena badan halus dan bersih miliknya berubah jadi menjijikkan, karena alasan takut menular, diapun diasingkan ke hutan.

Patih kerajaan mengantarnya ke hutan sendiri. Di tengah hutan belantara itu ada seekor lutung yang menghampirinya, lutung itu bisa berbicara dan mengantarkan dirinya ke sebuah danau untuk membasuh semua luka yang menjijikkan itu.

Akhirnya danau ajaib itu memang mujarab, merasa sudah baikan beberapahari kemuadin Putri Purbasari kembali pulang ke kerajaan untuk menuntut miliknya yang direnggut Purbararang.

Sesampainya di sana, Purbararang menolaknya mengajak untuk bertaruh, “Ok, siapa yang memiliki kutek yang paling bagus?”

Baca juga: Story Telling Pinokio

Akhirnya, Purbararng mengaku kalah, karena selain danau itu menyembuhkan kulitnya juga mempercantik semua anggota tubuhnya menjadi sempurna.

Merasa tidak ingin kalah, Purbararang mengutarakan perbandingan kedua, “Sekarang, siapa yang tunangannya paling tampan dialah yang akan menjadi seorang ratu!”

Purbararang yang langsung menggandeng Indra Jaya menyombongkan tunangannya itu, kemudian berkata, “Mana tunangannmu?”

Panik, karena tidak memiliki tunangan, akhirnya dia harus rela menggandeng Lutung kasarung itu, melihat itu semua, Purbararang dan Indra Jaya tertawa terbahak-bahak.

Baca juga: Cerita malin kundang bahasa inggris

“Putri Purbasari apakah kamu serung ingin menjadikan aku sebagai pasangan kamu?” tanya Lutung Kasarung itu dengan penuh haru.

Karena ketulusan hati Putri Purbasari, Lutung Kasarung yang sama-sama dikutuk akhirnya langsung berubah menjadi seorang seorang pemuda yang tampan, “Putri Purbasari, ini lah wujud aku yang sebenarnya, aku adalah seorang pangeran yang dikutuk juga seperti kamu, bedanya aku tidak bisa disembuhkan oleh danau itu, tetapi bisa sembuh dengan rasa cinta antara sesama.”

Akhirnya, Purbararang mengalah karena sudah kalah dan kembali menyerahkan tahta kerajaan kepada adiknya itu. Sekian dongengnya semoga bermanfaat dan mudah dihafal untuk kalian yang akan mendongeng di depan kelas.

-Tamat- Story telling pendek dan mudah dihafal dan ringkasan cerita lutung kasarung

Ayo Vote! Biar makin trending.

97 points
Upvote Downvote

Total votes: 3

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 3

Downvotes percentage: 100.000000%

Yuk tulis komentar kamu

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan. Yang memiliki tanda (*) harus diisi