in

Syarat sah shalat, apakah itu?

Syarat sah shalat
Syarat sah shalat

Apa saja syarat sah shalat? Shalat atau sholat termasuk pada salah satu Rukun Islam atau 5 pilar utama dalam agama Islam.

Pengertian syarat sah shalat adalah ketentuan yang harus dilakukan sebelum seorang melakukan shalat, baik itu sholat wajib (Fardhu) atau shalat sunnah.

Pada artikel sebelumnya aku juga sudah menjelaskan tentang syarat wajib shalat, sialakan baca karena berhubungan dengan artikel ini.

Syarat sah shalat

Sobat penulis cilik, untuk mengingatkan kembali, gambar di bawah ini menjelaskan tentang 5 Rukun Islam yang harus kamu tahu.

Rukun islam
Rukun islam

Suci dari Hadats dan Najis

Sebelum melaksanakan shalat kita harus memastikan diri sudah bersih dari Hadats (kecil ataupun besar) dan Najis, setelah itu kemudian berwudhu.

Baca:
Doa selesai wudhu
Perbedaan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi
Perbedaan Khutbah, Tabligh, dan Dakwah

Menutup Aurat

Bagi laki-laki gunakanlah pakaian yang bersih, seperti: baju koko dan kain sarung. Bagi perempuan gunakanlah mukena, karena seluruh anggota tubuh wanita kecuali muka dan telapak tangan adalah aurat.

Berada pada tempat bersih atau suci

Sholat pada umumnya dilakukan di mushola ataupun masjid, namun pada keadaan terdesak kita dilarang untuk sholat di tempat kotor seperti pembuangan sampah, kamar mandi, tempat penyembelihan hewan, dll.

Mengetahui masuk Waktu Shalat

Kemudian kita harus tahu kapan waktu sholatnya, karena ada lima waktu yang berbeda, yaitu: Dzuhur, Ashar, Maghrib, Isya, dan Subuh. Dengan kata lain sholat wajib tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Menghadap ke arah Kiblat

Yang terakhir ketika sholat harus mengharap kiblat. Kita di Indonesia arah kiblat adalah barat, mungkin akan berbeda dengan negara lain, namun intinya kita harus menghadap ka’bah.

Baca:
Niat Sholat Jenazah Perempuan
Niat sholat jenazah laki laki
Rukun Sholat Jenazah

Itulah syarat sah shalat. Koreksi jika aku salah ya dan terima kasih sudah membagikannya.

Yuk tulis komentar kamu