in

Syarat-syarat Kalimat Efektif

Syarat-syarat Kalimat Efektif
Syarat-syarat Kalimat Efektif

Tuliskan syarat-syarat Kalimat Efektif. Ini pembahasan jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP)/ Madrasah Tsanawiyah (MTs). pelajaran Kelas 9. Materi bahasa Indonesia.

Apa yang kamu ketahui tentang kalimat efektif? Seperti sudah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya, kalimat efektif adalah kalimat yang mudah dipahami, ringkas, tidak banyak pengulangan kata, dan jelas.

Tidak mudah memang membuat kalimat efektif, maka dari itu kita harus sering berlatih, salah satu caranya dengan banyak menulis esai, karya ilmiah, ataupun cerita. Baca: Ciri-ciri kalimat efektif.

Syarat-syarat Kalimat Efektif

Sobat penulis cilik, berikut ini beberapa syarat kalimat efektif, yaitu:

Sesuai PUEBI

Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) adalah standar baru ejaan bahasa indonesia yang menggantikan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), jadi kalimat efektif haruslah mengikuti standarnya.

Harus Sistematis

Sistematis maksudnya mengikuti pola yang ada, suatu kalimat setidaknya tersusunan dengan subjek dan predikat. Nah untuk memperjelas, kamu bisa menggunakan objek, pelengkap, ataupun keterangan secukupnya saja.

Tidak Ambigu

Terkadang dengan tujuan membuat kalimat yang efektif, kita menghapus banyak kata, akhirnya kalimat yang kita buat jadi membingungkan atau bahkan multiftafsir. Hati-hati dalam menghapus kata dalam kalimat, ikuti kaidah yang ada dan sistematis.

Jangan Bertele-tele

Kalimat yang tersusun dengan banyak kata terkesan bertele-tele atau bahkan membingungkan. Usahakan untuk menghilangkan duplikasi kata, sehingga pembaca langsung mengerti maksudnya.

Baca:
Contoh kalimat efektif
Contoh kalimat tidak efektif dan contoh kalimat efektif
Contoh kalimat sapaan
Contoh kalimat majemuk hubungan akibat
Contoh Kalimat Anjuran
Contoh Kalimat Penolakan
Contoh Kalimat Bermajas
Contoh kalimat Kompleks dan Simpleks

Itulah Syarat-syarat Kalimat Efektif. Koreksi jika aku salah dan bagikan jika ini bermanfaat.

Yuk tulis komentar kamu