in

Teknik seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi, apa saja ya?

Teknik seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi
Teknik seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi

Teknik seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi. Karya seni ini termasuk ke dalam seni yang fungsinya untuk memanjakan mata yang melihatnya. Jika seseorang sudah menyukai, walau harganya mahal pasti akan membelinya.

Maka dari itu, tidak jarang, sebuah lukisan bisa memiliki harga di atas ratusan juta bahkan milyaran Rupiah. Umumnya, semakin pembuatnya terkenal, maka harganya juga akan mengikutinya

Pada artikel ini, akan dibahas tentang Teknik seni rupa yang biasa dilakukan oleh para seniman, jadi baca terus penulis cilik ya.

Baca juga: Contoh karya seni rupa 2 dimensi

Teknik seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi

Berikut ini adalah Teknik seni rupa 2 dimensi juga 3 dimensi, diantaranya:

Teknik 3 M

Teknik 3 M adalah suatu teknik dalam menggunting, merekat, dan menempel, ini dapat digunakan untuk berbagai teknik karya senin, baik 2 atau 3 dimensi.

Teknik Plakat

Teknik plakat adalah goresan kuas yang tebal, sehingga hasilnya padat dan pekat, serta kaya akan warna, biasanya menggunakan cat akrelik, cat minyak, atau cat poster.

Teknik Kolase

Teknik kolase adalah karya seni yang dibuat dari beberapa bahan-bahan kecil, seperti biji, yang ditempelkan. Untuk lebih memahami ini, baca cara membuat kolase.

Teknik Transparan

Teknik transparan adalah penegasan warna dengan sapuan kuas yang tipis, sehingga terkesan transparan, biasanya digunakan untuk menambahkan gradasi warna, umumnya menggunakan car air.

Teknik Linear

Teknik linear adalah suatu teknik menggambar objek dengan pola garis (lurus atau melengkung), namun ini yang harus menjadi dominan, umumnya menggunakan pensil atau pupen/ pena, sehingga dapat membentuk suatu pola.

Teknik Arsir

Teknik arsir adalah teknik dalam melukis atau menggambar menutupi objek lukis atau area kosong, sehingga memiliki warna, baik dengan garis sejajar ataupun garis menyilang, biasanya pensil biasa (pensil warna) atau pulpen/ pena.

Teknik Blok

Teknik blok adalah suatu cara menutupi objek lukis, dengan menggunakan satu warna. Contoh ini bisa kamu temukan pada gambar siluet.

Teknik Dussel

Teknik dussel adalah cara untuk memberikan efek gelap atau terang pada objek lukis, umumnya dengan goresan miring menggunakan pensil.

Baca juga:
Manfaat pameran seni rupa
Perbedaan seni rupa murni dan terapan

Teknik Pointilis

Teknik pointilis adalah kumpulan titik yang digunakan untuk menghitamkan objek lukis, sehingga mampu memberikan nuansa yang berbeda.

Teknik Menganyam

Teknik menganyam adalah menyusun lembaran bahan, umumnya sudah memiliki pola anyaman, sehingga menarik, karena memiliki banyak motif. Ini biasa digunakan untuk 3 atau 2 dimensi karya.

Teknik Aquarel

Teknik aquarel adalah gradasi warna yang timbul akibat pemberian warna berbeda, dengan cara menimpa warna sebelumnya dengan warna yang lebih muda, misalnya warna bunga.

Baca juga: Contoh karya seni rupa 3 dimensi

Teman, itulah beberapa Teknik seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi, mohon koreksi jika aku salah ya. Terima kasih sudah membaca dan membagikannya.

Yuk tulis komentar kamu