in

KerenKeren

Teknologi yang terinspirasi dari tumbuhan, jelaskan!

teknologi yang terinspirasi dari tumbuhan
teknologi yang terinspirasi dari tumbuhan

Sebutkan teknologi yang terinspirasi dari tumbuhan! Ini adalah pelajaran kelas 8, Sekolah Menengah Pertama (SMP), materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Inspirasi ada di mana-mana, ketika kamu berjalan, duduk, menaiki kendaraan, dll. Seluruh alam semesta ini memiliki banyak inspirasi, hanya saja apakah kamu bisa menemukannya atau tidak.

Biomimikri adalah ilmu yang menempatkan objek alam sebagai model perancangannya, serta pengaplikasiannya terhadap teknologi modern.

7 Teknologi yang terinspirasi dari tumbuhan

Sobat penulis cilik, ada banyak rancangan teknologi yang terinspirasi dari struktur jaringan tumbuhan, berikut ini diantaranya:

  1. Perekat velcro, terinspirasi oleh kantong biji Burdock yang memiliki daya rekat cukup kuat dari bagian-bagian kecil yang mirip seperti duri.
  2. Sensor cahaya (Light Dependent Resistor/ LDR) yang sering kita temukan di lampu taman atau lampu penerangan jalan yang sering mati ketika siang dan hitup menjelang malam, teknologi ini terinspirasi dari stomata kaktus.
  3. Baling-baling pesawat terinspirasi biji maple yang sering terbang jika tertiup angin.
  4. Panel surya (solar cell) atau yang umum dikenal pembangkit listrik tenga metahari, yang terinspirasi oleh daun hijau pada proses fotosintesis.
  5. Alat pantograf yang berhubungan langsung dengan kabel listrik pada kereta shinkansen di Jepang terisnpirasi dari sayap burung hantu
  6. Bagian luar kereta shinkansen terinspirasi dari paruh burung kingfisher, sehingga efeknya lebih cepat dan hemat energi.
  7. Jaket omius, jika kita kegerahan maka bagian depan dan belakang jaket akan terbuka seperti mata, namun jika badan kamu merasa kedinginan maka akan menutup, ini terinspirasi dari stomata pada tumbuhan.

Baca:
Contoh poster hemat energi
Rumus volume tabung
Teknologi hijau di era globalisasi

Nah sobat, jadi itulah 7 rancangan teknologi yang terinspirasi dari tumbuhan. Koreksi jika aku salah, terima kasih sudah membaca dan membagikannya.

Jika kamu mempunya info lain tentang pemanfaatan struktur jaringan tumbuhan dalam teknologi lainnya, tulis di kolom komentar ya!

Yuk tulis komentar kamu