in

NgakakNgakak TakutTakut SedihSedih SenangSenang KerenKeren

Contoh teks negosiasi larangan membawa sepeda motor ke Sekolah

Contoh teks negosiasi larangan membawa sepeda motor ke Sekolah
Contoh teks negosiasi larangan membawa sepeda motor ke Sekolah

Contoh teks negosiasi larangan membawa sepeda motor ke sekolah. Banyaknya kecelakaan anak sekolah akibat penggunaan motor yang ugal-ugalan mengakibatkan banyak sekolah melarang siswa/siswinya untuk membawa ke sekolah.

Beberapa anak yang sudah memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) memang cenderum lebih berhati-hati dalam berkendara, berbeda dengan anak-anak yang baru bisa kemudian orang tuanya memberikan akses transportasi pribadi yaitu motor.

Maka dari itu, untuk mengurangi tingkat kecelakaan berkendara, Sekolah X melarang penggunaan motor oleh siswa/ siswi.

Baca juga:
Apa itu negosiasi
Pengertian kerja sama

Teks negosiasi larangan membawa sepeda motor ke Sekolah

Berikut ini adalah contoh teks negosiasi larangan membawa sepeda motor ke sekolah dalam bentuk dialog dan strukturnya, diantaranya:

Orientasi:
Banyak anak yang mengeluh akibat peraturan larangan membawa motor, khususnya mereka yang jauh dari akses transportasi umum, ditambah banyak sekali angkot atau bisa yang sering menunggu penumpang sampai penuh (ngetem). Novi, sebakai Ketua OSIS ingin membantu teman-temannya itu agar tidak terlambat ke sekolah.

Novi : “Selamat Pagi, Bu. Mohon maaf, apakah saya boleh masuk?”

Kepala sekolah : “Pagi, Novi. Silahkan ada yang bisa Ibu bantu?”

Baca juga: Tupoksi kepala sekolah

Pengajuan:
Novi : “Begini, Bu. Saya bermaksud untuk menyampaikan aspirasi para siswa khususnya kelas XI dan XII yang telah memiliki SIM, terkait larangan membawa motor, apakah dapat diberikan prioritas khusus Bu?”

Penawaran:
Kepala Sekolah : “Novi, sebetulnya tujuan larangan ini adalah untuk menekan tingkat kecelakaan berkendara oleh siswa/siswi, sebab sekolah juga memiliki tanggung jawab atas keselamatan anak didiknya, jadi ini harus diberikan ketegasan.”

Pengajuan:
Novi : “Pada dasarkan kami sangat setuju dengan itu semua Bu, tetapi banyak anak yang sudah memiliki SIM, ditambah banyak anak yang rumahnya cukup jauh dan susahnya akses transportasi. Bagaimana jika khusus anak yang susah memiliki SIM diperbolehkan Bu, apa lagi anak-anak yang sudah kelas XII, sering kali pulang sore karena ada les tambahan di sekolah.”

Baca juga: Faktor penyebab keberhasilan negosiasi

Penawaran:
Kepala Sekolah : “Apakah Novi sudah menganalisa masalah ini, misalnya sala bagaimana pihak sekolah dapat mengenali anak-anak yang memiliki SIM?”

Pengajuan:
Novi : “Kami dan anggota OSIS lainnya akan melakukan koordinasi dan mendata anak-anak yang sudah memiliki SIM, kemudian wajib membawanya tanpa terkecuali, ditambah mungkin dengan menempelkan stiker khusus di bagian depan motor untuk mempermudah mengenalinya oleh siapapun termasuk Pak Satpam. Oia Bu, sebelum masuk atau keluar motor, siswa/ siswi wajib juga diperiksa kelenggakapan surat-suratnya, untuk mengantisipasi tindakan pemalsuan stiker.”

Persetujuan:
Kepala Sekolah : “Ibu suka dengan ide itu, segera laksanakan untuk mempermudah siswa/siswi agar tepat waktu sampai di sekolah. Yang terpenting adalah tanggung jawab dalam berkendara, jangan ugal-galan.”

Novi : “Terima kasih banyak, Bu. Segera akan saya koordinasikan dengan anggota OSIS terkait masalah ini.”

Baca juga: Contoh teks negosiasi jual beli hp

Nah itulah Contoh teks negosiasi larangan membawa sepeda motor ke sekolah, mohon koreksi aku jika salah ya.

Percakapan tentang larangan membawa motor ke sekolah ini dapat kamu modifikasi lagi atau dikembangkan lagi, seperti pada soal negosiasi tentang lingkungan sekolah atau negosiasi tentang ekstrakurikuler. Terima kasih sudah membaca dan membagikan artikel ini.

Yuk tulis komentar kamu