in

NgakakNgakak TakutTakut SedihSedih SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Tips Agar Tidak Dijauhi Atau Dimusuhi Teman-Teman

Tips Agar Tidak Dijauhi Atau Dimusuhi Teman-Teman
Tips Agar Tidak Dijauhi Atau Dimusuhi Teman-Teman

Aku punya teman di sekolah juga teman di dekat rumahku, pokoknya sangat banyak sekali. Memiliki teman banyak itu sangat menyenangkan sekali. Akupun sering sekali ditolong oleh mereka dan begitu juga aku sering menolong mereka jika membutuhkan bantuan.

Aku senang sekali, karena semua teman-temanku semuanya baik. Mempunyai banyak teman itu sangat mengasyikan loh. Aku tidak mau dijauhi atau dimusuhi oleh teman-temanku, karena gak enak rasanya. Punya satu teman yang menjauh atau memusuhi kita rasanya seperti banyak banget masalah.

Nah, kali ini aku ingin berbagi tips untuk kalian agar agar tidak dijauhi atau dimusuhi teman-teman, jadi banyak teman yang menyukai kita.

1. Jangan bercanda yang berlebihan.

Sebaik apapun kamu, jika dibercandain berlebihan sama teman pasti kamu kesel jugakan? nah begitu juga teman kamu itu pasti sama kesalnya. Bercanda boleh, tapi yang wajar-wajar saja ya 🙂

2. Jangan menghina teman.

Semua orang punya kekurangan termasuk kamu, ada yang terlihat ada juga yang tidak terlihat. Jika ada yang menghina fisikmu, apa kamu menerima? atau jika kamu dihina gara-gara tidak bisa beli hp atau mainan baru, apa kamu juga terima? nah begitu juga dengan teman kamu pasti tidak akan menerimanya. Dia bisa marah dan menjauhimu, yang lebih parahnya lagi marahnya ngajak teman-teman kamu yang lain, akhirnya tambah banyak deh orang yang tidak menyukaimu.

3. Jangan membeda-bedakan teman.

Merasa kaya raya, terus berteman dengan orang kaya, merasa pintar terus berteman dengan orang pintar, dan merasa cantik atau ganteng terus milih-milih juga bertemannya. Itu namanya memilih-milih teman seperti di sinetron TV, kamu akan kehilangan banyak kesempatan, karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi nanti. Siapa tahu nanti ban sepeda kamu kempes di tengah jalan, ayo siapa yang bantu?

5. Jangan sok pintar atau sok ngatur.

Karena kamu merasa paling pinter, merasa paling tinggi, merasa paling kaya, terus kamu boleh nyuruh-nyuruh teman kamu seenaknya. Ngatur sana-sini seakan itu sekolah milik kamu, senggol sembarangan orang yang lewat, tendang tong sampah ruangan kelas sembarangan, dll. Mungkin pada saat itu kamu tidak sadar apa yang kamu lakukan, yang ada dipikiran kamu hanya berbuat sesuka hati. Beberapa orang yang dekat dengan kamu akan senang, tetapi banya teman kamu yang melihat kelakuan itu akan jengkel dan membenci kamu.  Itu akan berakibat buruk, apa lagi jika ada yang melaporkan ke guru.

6. Jangan menjelek-jelekan teman.

Jika kamu memiliki teman yang menjelekan oranglain, maka cepat atau lambat kamu yang akan dijelek-jelekkan oleh dia. Segera ingatkan dia bahwa apa yang dia lakukan itu tidak baik,

7. Jangan bilang pelit

Apa kamu mau dibilang pelit? padahal kamu sangat baik sama teman-teman kamu. Sebelum kamu bilang pelit, coba kamu pikirkan kenapa dia tidak mau membagi makanan atau barang dengan kamu. Apakah kamu sudah menyinggung perasaan dia? apakah tangan kamu kotor? apakah keringat di kening kamu bercucuran?

Tentunya ada banyak alasan lain, intinya sih bersikap baiklah kepada semua teman, jadi jangan menghina teman yang pelit, karena itu akan melukai hatinya.

8. Jangan jadi anak pendiam

Jika waktu istrirahat tiba, ikut gabung bermain, jangan cuma duduk di kelas. Kamu bisa beli jajanan di kantin atau mending kamu baca buku di perpus.

Sekian sharing dari aku, jika kalian memiliki tips lain tuliskan di kolom komentar di bawah ini. Ok!

Yuk tulis komentar kamu