in

SenangSenang

Tips Cepat Hafalan Surat-surat Pendek Pada Al Quran dan Juz Amma [Part 2]

Tips Cepat Hafalan Surat-surat Pendek Pada Al Quran dan Juz Amma
Tips Cepat Hafalan Surat-surat Pendek Pada Al Quran dan Juz Amma

Tips Cepat Hafalan Surat-surat Pendek Pada Al Quran dan Juz Amma. Okey teman-teman penuliscilik, artikel sebelumnya kita sudah mempelajari bersama tentang bagaimana tips mudah menghafal Surat-surat Pendek dalam Al Quran dan Juz Amma bagi yang berpendidikan agama Islam. Kali inipun tetap sama, akan tetapi kita akan melanjutkan tips sebelumnyanya.

Baca tips sebelumnya : Hafalan surat-surat pendek

“Seperti apa kira-kira tips selanjutnya, yuk kita belajar bersama lagi..!!!!

Jadikan surat-surat pendek yang sudah dihafal sebagai bacaan-bacaan ketika hendak SHOLAT

Ini bertujuan untuk lebih mudah dan cepat lagi dalam menghafal surat-surat pendek, dan terlebih lagi berguna untuk mengingat lebih tajam. Jadi tidak harus membaca ketika kita sedang menghafal saja, akan tetapi ada aktivitas lain yang bisa membuat kita untuk membaca hafalan tersebut.

Dengan cara ini, kita akan ingat seterusnya. Surat-surat pendek Juz Amma apapun dalam Al Quran dan hadtis, jika dibiasakan untuk dibaca meski tidak dihafal, maka akan lebih melekat lagi, dan hasil maksimalnya kita tidak akan mudah lupa, masih ragu? Segera praktekkan sekarang yah?

Surat-surat Pendek Pada Al Quran dan Juz Amma
Surat-surat Pendek Pada Al Quran, Juz Amma, dan Hadis

Cara selanjutnya yakni dengan saling menyimak bacaan surat pendek bersama teman-temannya

Ini juga cara efektif untuk kita bisa menghafal al Quran atau hadtis yang akan kita setor ke bapak/ibu guru kita. Dengan saling menyimak satu sama lain, atau dengan bergiliran membaca surat-surat pendek. Maka kita akan terbiasa juga. Dipastikan pula ayat-ayat tersebut tidak akan pernah kita lupa kalau dibiasakan. Sebab pada dasarnya menghafal itu memang karena terbiasa membaca. Jadi mulai sekarang.. “Displinkan untuk terbiasa membacanya yah?

Baca juga: Do’a menjenguk orang sakit

Serius dan fokus dalam hafalan surah pendek

Saat ingin menghafal surat-surat pendek, usahakan jangan terganggu oleh kegiatan atau aktivitas di luar. Kalau sudah waktunya untuk menghafal maka segeralah fokus dan niat untuk menghafal, inipun untuk merubah pola belajar kita dalam menghafal. Anak yang serius pasti hasilnya pun tak akan mengkhianati usahanya. Benar begitu bukan? “Jangan lupa, serius dan fokus yah?……

Usahakan untuk meluangkan waktu membaca surat-surat pendek meski tanpa melihat

Tidak harus keras-keras dalam membaca ayat tersebut, yang terpenting adalah dibaca perlahan-lahan. Kita bisa melakukan hal ini ketika kita bermain, ataupun sedang berjalan ke tempat tujuan, intinya tidak ada salahnya kita menghafal surat-surat pendek dengan cara yang lebih unik. Sambil kita tunggu langkah kaki kita sampai ke tempat tujuannya. “Iya g?…

Sebab bukan mentang-mentang hafal lalu kita melupakannya, kalau gak dibiasakan terus membacanya tentu akan lupa dengan yang kita hafal/baca setiap harinya.

Video penjelasan cara hafalan surat-surat pendek Al Quran

Berikut ini penjelasan dari Kak Wirda Mansur, tentang cara hafal Al Quran.

Itu tadi teman penuliscilik, Tips Cepat Hafalan Surat-surat Pendek Pada Al Quran maupun Juz Amma kita rasa cukup dengan cara di atas kalian sudah bisa menghafal dengan mudah, bisa untuk dipakai semua metodenya, atau bisa juga dipilih mana yang menurut kalian lebih mudah.

Baca juga: Bacaan do’a untuk mendoakan orangtua

Kunjungi artikel menarik lainnya yah? Bagikan halaman ini jika menurut kalian ini sangat bermanfaat. Dan semoga benar-benar ada manfaatnya apa yang sudah kita sampaikan mulai dari awal. Terima kasih, dan selamat belajar teman-teman.

Ditulis oleh Ulfa DJ

Hellooo

Years Of MembershipContent AuthorQuiz Maker
Balas komentar

Yuk tulis komentar kamu

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan. Yang memiliki tanda (*) harus diisi