in ,

Tips Memilih Sekolah SMP untuk Anak SD

Tips Memilih Sekolah SMP untuk Anak SD
Tips Memilih Sekolah SMP untuk Anak SD

Tips memilih sekolah SMP untuk Anak. Halo! Selamat datang di Penulis Cilik. Kali ini aku akan memberi tahu beberapa tips untuk memilih SMP bagi anak SD, bukan untuk memilik sekolah TK ya, hehe.

Ada yang mau masuk sekolah negeri, sekolah swasta, atau sekolah internasional? Kalian mau masuk sekolah yang mana?

Hmm, tapi jangan sampai sudah memilih SMP, lalu pindah ke sekolah lain. Harus menetap selama 3 tahun, karena kalau berganti SMP akan mengganggu kegiatan belajar kalian. Kecuali, ada kepentingan, misalnya pekerjaan orangtua yang berpindah-pindah.

Baca juga : Hari pertama masuk sekolah

Tips memilih sekolah SMP untuk Anak SD

Cerpen Persahabatan SMP Yang Keren
Cerpen Persahabatan SMP Yang Keren

Ini bukan tips cara memilih sekolah smp negeri, tetapi lebih general untuk kamu yang sudah mau lulus Sekolah Dasar. Mungkin lebih tepatnya cara memilih sekolah yang tepat untuk kamu.

1. Berdoa kepada Tuhan

Berdoa kepada Tuhan itu penting, karena walau bagaimanapun kita tidak bisa melakukan apa-apa tanpa campur tangan-Nya. Berbakti kepada Orangtua juga penting, karena mereka yang senantiasa membantu dan mendukung kita secara langsung.

2. Sekolah menggunakan kurikulum K13

Kurikulum K13 adalah kurikulum terbaru, untuk itu pastikan sekolah incaranmu menggunakan proses belajar mengajar K13, tetapi jika memang tidak ada, maka setidaknya pengajarnya mengerti dan menyesuaikan kurikulum terbaru walau konsepnya kurikulum lama. (tidak mengerti, tanyakan kepada orangtua)

3. Mempertimbangkan biaya

Hal ini sebaiknya diurus oleh orangtua karena mereka lebih paham mengenai biaya sekolah. Jangan pilih sekolah yang kualitasnya kurang, namun memerlukan banyak biaya.

4. Mengikuti tes di beberapa sekolah

Hal ini bertujuan agar ketika kamu tidak diterima di suatu SMP, kamu bisa bersekolah di SMP lainnya. Jika diterima di kedua atau lebih sekolah tersebut, kamu tinggal memilih yang paling bagus untukmu.

Baca juga : Tips mencari teman baru di Sekolah

5. Mempertimbangkan lokasi

Sebaiknya pilihlah sekolah yang dekat atau berjarak normal, agar kamu tidak sering terlambat. Di samping itu kamu harus rajin bangun pagi agar tidak terlambat.

6. Mencari informasi lebih banyak soal SMP

Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai SMP yang akan kamu pilih agar kamu dapat mengetahui SMP itu seperti apa. Bisa secara offline maupun online loh.

7. Kunjungi SMP itu saat ada kesempatan

Ini mirip dengan poin ke 6. Ketika misalnya diadakan open class, orangtuamu bisa datang dan melihat keadaan belajar di kelas. Fasilitas, pelajaran, dan keadaan sosial di sekolah juga harus diperhatikan.

8. Cari tahu mengenai lulusannya

Lulus SMP lanjut kemana? Apakah anak-anak lulusan SMP A diterima di SMA favorit? Pertimbangkanlah hal tersebut, karena jika ya, maka SMP itu dapat dihitung bagus.

9. Berdiskusi dengan orangtua

Sebaiknya kamu berdiskusi dengan orangtua, siapatahu mereka memiliki pendapat yang berbeda. Tapi jangan bertengkar, berdiskusilah baik-baik.

Baca juga : Sekolahku sekolah yang bersih

Oke, terima kasih sudah membaca Tips Memilih Sekolah SMP untuk Anak dariku. Semoga bermanfaat. salam!

Kamu juga bisa loh membuat konten seperti ini. Buat karyamu sekarang!

Ditulis oleh Belva

Instagram: @lituhayu_art
You can call me Belva

Love to write and design things

Story MakerYears Of MembershipEmoji AddictContent Author

Yuk tulis komentar kamu

Alamat email kamu tidak akan dipublikasikan. Yang memiliki tanda (*) harus diisi