in

KerenKeren

Tips Mengerjakan Soal Ulangan

Tips Mengerjakan Soal Ulangan
Tips Mengerjakan Soal Ulangan

Hai teman-teman! Ada yang sekarang sedang PTS? Semangat ya, kamu pasti bisa!
Eh, atau ada yang PTS-nya sudah selesai? Kalau ada, semoga hasilnya memuaskan, ya.

Kali ini, aku ingin berbagi tips saat mengerjakan soal ulangan, untuk ulangan apa saja. Bisa untuk ulangan harian, PTS, PAS, PAT. Tips ini sangat mudah kalian lakukan.

Tips Mengerjakan Soal Ulangan

Jadi, langsung aja kita bahas Tips Mengerjakan Soal Ulangan.

  1. PERSIAPKAN DENGAN BAIK

Hmm, pasti kalian sudah paham maksud persiapan itu. Benar sekali! Belajar. Belajarnya harus dari jauh-jauh hari. Jangan hanya belajar kalau besok ada ulangan, karena kamu hanya akan ingat untuk esoknya, setelah itu lupa lagi.

Namun terkadang jika kamu belajar Sistem Kebut Semalam (SKS), bukannya ingat yang dipelajari malah ngeblank besoknya. Itulah pentingnya memiliki jadwal pelajaran. Ingat Kamu kan belajar untuk diingat sampai masa depan, bukan hanya untuk ulangan.

  1. KERJAKAN SOAL YANG LEBIH MUDAH TERLEBIH DAHULU

Terkadang, kita terlalu fokus dengan soal yang sulit, sehingga soal-soal yang mudah jadi kehabisan waktu menjawab. Untuk soal-soal yang sulit, kamu bisa tulis atau lingkari. Di akhir (setelah kamu selesai mengerjakan soal yang lain), barulah kamu kerjakan soal sulit itu. Dengan cara ini, kamu punya lebih banyak waktu dan lebih tenang karena soal lainnya sudah dijawab.

  1. JAWAB LENGKAP UNTUK URAIAN

Dalam uraian, poin juga bisa didapat dari jawab lengkap. Meskipun jawabanmu salah, tetap bisa dapat nilai tambahan.

Contoh:

  • Matematika: Tulislah diketahui, ditanyakan, jawab, dan jadi, untuk soal cerita.
  • Pelajaran lainnya: Siapa tokoh yang mengetik teks proklamasi? Tokoh yang mengetik teks proklamasi adalah Sayuti Melik.

Pokoknya hilangkan kata tanya dan tanda tanya dari soal serta tambahkan adalah, yaitu, karena, dll.

  1. BACA SOAL MINIMAL 3 KALI

Apakah kalian tahu, mengapa harus membaca soal minimal 3 kali? Jawabannya, karena kita sering kurang teliti membacanya. Ditanyakan yang bukan termasuk sikap yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan, kita menjawab menolong sesama. Itu bukan karena kita tidak bisa, tetapi karena kurang teliti. Membaca soal 3 kali juga bisa membuatmu lebih paham maksud soal.

  1. LUPA JAWABAN DARI SUATU SOAL? TENANGKAN DIRI

Pasti pernah, dong, lupa jawaban di tengah ulangan. Tenang saja! Diam sejenak. Tarik nafas. Berdoa. Ingat-ingat ilmu yang pernah kamu baca dan gurumu jelaskan. Jangan panik! Ingat, tenanglah. Atau, seperti yang dibahas dinomor, kerjakan soal lain terlebih dahulu (kalau belum selesai semua). Jangan berpikir kamu tidak bisa, ingatlah bahwa kamu bisa, tetapi memang butuh waktu berpikir. Lupa atau butuh waktu berpikir itu wajar. Semua soal dan semua masalah ada penyelesaiannya. Pasti kamu bisa.

  1. PERIKSA SETELAH SELESAI MENGERJAKAN, JANGAN LANGSUNG DIKUMPULKAN

Kita pasti sering kurang teliti dalam mengerjakan. Kita bisa dapat 100, tetapi jadi dapat 97 karena kurang teliti. Sayang sekali! Makanya, tadi aku minta baca soal berulang kali. Namun, setelah mengerjakan juga harus kita periksa lagi. Kalau bisa, periksa lebih dari satu kali.

Baca:
5 Tips Membuat Cover Buku Menggunakan Canva Secara Praktis
Template Jadwal Pelajaran Unik, Kreatif, Modern, dan Terbaru
Template Jadwal Piket Kelas Lucu, Unik, dan Keren

Itulah tips dariku saat mengerjakan soal ulangan.
Semoga bermanfaat, ya! Jangan lupa untuk percaya akan kemampuanmu sendiri, percaya bahwa kamu bisa dan sudah mengerti materinya. 

Selamat belajar!

Kamu juga bisa mengirim tulisan seperti ini. Yuk, Buat Sekarang!

Yuk tulis komentar kamu