in ,

NgakakNgakak TakutTakut SedihSedih SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Apakah Kita Sudah Cukup Sopan? Baca tips menjadi pribadi yang sopan dariku!

tips menjadi pribadi yang sopan
tips menjadi pribadi yang sopan

Hai, teman-teman! Salam kreatif! Berjumpa lagi dengan Hilda, ya. Hilda kali ini akan bercerita mengenai kekesalan Hilda terhadap teman-teman yang berperilaku kurang sopan dan memberitahu tips-tips menjadi pribadi yang sopan. Kalian tentu saja ingin menjadi pribadi yang sopan, kan? Ya sudah, kalau begitu, selamat membaca!

Teman-teman, Hilda sering kesal jika ada yang berperilaku kurang sopan, terutama kepada Hilda sendiri. Contohnya… Berkata kasar, yang paling sering! *&@!$&!&@& (sensor)! Kok begitu sih? Mungkin mereka tahu tidak boleh berkata kasar, tetapi mereka masih saja melakukannya. Manusia sudah diciptakan memiliki hati untuk merasakan dan otak untuk berpikir. 

Lalu ada juga yang suka bersendawa, tetapi tidak meminta maaf. Mungkin, teman-temannya akan berpikir bahwa itu lucu dan tertawa-tawa. Tetapi kita tidak tahu pendapat orang lain. Bisa saja orang lain berpendapat bahwa itu tidak sopan. 

Tidak mau menyapa! “Hai, A!” “Apa kabar, B?” “Sugeng siang (selamat siang), C!” Setiap saat Hilda menyapa, tapu malah diacuhkan. Kalau begitu, Hilda tidak menyapa, ah! “Huuu! Hilda tidak sopan! Hilda membenci kami, Hilda menjauhi kami! Huuuu!” kata teman-teman Hilda. Hah? Kan kemarin Hilda sudah menyapa kalian, tapi tidak dihiraukan! Pusing!

Ini salah satu yang paling Hilda tidak suka! Semuanya juga, sih. Tetapi ini salah satunya. Meludah! Ih, jorok! Dulu, ada teman Hilda yang joroknya minta ampun dan tidak sopan kepada Hilda. Jadi Hilda punya teman di kelas (anggap si A), lalu teman Hilda yang lain (anggap si B) meludahinya. Si A ini malah mengelap ke pakaian Hilda! Hei! Pakaianku sudah rapi, sekarang jadi basah dan kotor! 

Dan, ini yang paling Hilda benci! Menghina orang lain. Sesuai amanat yang sering dikatakan oleh orang-orang, kita ini tidak ada yang sempurna. Hilda pernah diejek miskin, payah, tidak pintar, banyak! Tetapi Hilda berhasil membuat mereka tidak meledek Hilda lagi dengan cara membela diri dengan bijak dan berusaha berprestasi. 

Hilda bukan tidak menyukai kalian, kok! Hilda hanya tidak menyukai sifat tidak sopan kalian, karena menurut pendapat Hilda jika kalian berperilaku tidak sopan kepada Hilda, itu berarti kalian tidak menghormati Hilda sebagai teman. 

Tips menjadi pribadi yang sopan

Agar kita rukun selalu, ini dia tips menjadi sopan dariku!

  1. Pertama, kalian harus percaya diri! Hubungannya apa? Agar kalian berani berbicara dengan siapapun dengan sopan dan ramah! Kalian juga jadi berani menyapa duluan daripada disapa duluan. “Eh, Hilda! Selamat siang, Hilda! Apa kabar?” Yang harus kalian tahu, orang yang disapa pasti senang!
  2. Jangan lupa, minta bantuan Tuhan Yang Maha Esa dan Orangtua kita. Berdoa bersama agar diberi hikmat dan kebijaksanaan setiap berperilaku, berpikir, dan berbicara. 
  3. Kita bercanda tentang teman kita dan teman kita ternyata tidak suka. Jangan malah lanjut bercanda! Ayo minta maaf. Pasti dia akan memaafkan kita dan lama-kelamaan hubungan kita dan teman kita malah menjadi lebih dekat. 
  4. Banyak bersosialisasi! Jika masih social distancing, bersosialisasi dan berteman melalui media sosial, tetapi tetap didampingi orang dewasa agar lebih aman. 
  5. Setelah social distancing selesai, selalu ingat melakukan 3S! Senyum, sapa, salam. Berikan senyuman yang paling manis, sapaan yang paling hangat, dan salam yang lembut. Terutama kepada orang yang lebih tua. 
  6. Ada beberapa kata ajaib, nih! Permisi, maaf, tolong, dan terima kasih. Kalian bisa mengatakan ini pada waktu dan tempat yang tepat. Misalnya, ada keramaian dan kita ingin lewat. “Permisi, Pak… Permisi, Bu…” Jika melakukan kesalahan, akui dan minta maaf. Butuh bantuan? “A, boleh tolong aku memindahkan barang-barang di kelas 4C ke 4B?” Dan jangan lupa setelah dibantu ucapkan terima kasih. 
  7. Berperilaku sesuai umurnya. Kalau masih kecil, ada orang mengobrol bersama Ibu! Sembunyi di belakang Ibu. Tidak ingin menyapa atau menyalami orang itu. Wajar, sih. Tetapi, jika sudah besar, kan aneh jika bersembunyi! Keluar dari persembunyian dan katakan “Oh, iya… Selamat pagi, Pak. Saya Hilda.” Orang itu akan menghormati kita, lho!
  8. Suka menawarkan bantuan. Ada guru yang kesusahan, bantu saja. Siapa, sih, yang tidak suka dibantu? 
  9. Selalu bersikap ramah dan seru. Teman-teman kita jadi suka bermain dengan kita. Selain itu, teman akan menghormati karena kita ramah dan berwibawa. 
  10. Sedang bertamu, nih! Jangan berperilaku semaunya karena kata-kata “Silakan… Anggap rumah sendiri…” Maksudnya, kita jangan stres dan keringat dingin, ya! Harus nyaman. Bukan maksudnya boleh mengambil makanan tanpa izin!

Baca:
Cerita Jenaka adalah?
Contoh perilaku sopan santun dalam kehidupan sehari-hari
Sebutkan manfaat dari perilaku amanah
Adab makan dan minum

Nah sobat, itulah tips menjadi pribadi yang sopan dariku. Kamu bisa koreksi jika aku salah dan terima kasih sudah membagikannya.

Kamu juga bisa mengirim tulisan seperti ini. Yuk, Buat Sekarang!

Yuk tulis komentar kamu