in

NgakakNgakak TakutTakut SedihSedih SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Tujuan Sekolah Secara Umum

Tujuan Sekolah Secara Umum. Bangun pagi, ibadah, mandi, makan, dan berangkat ke sekolah. Itu yang kita lakukan setiap hari Senin sampai Jum’at, bahkan ada yang sampai hari Sabtu. Setelah sekolah ada yang les/kursus atau langsung pulang ke rumah masing-masing. Pertanyaannya, apakah kalian tidak bosan?

Ya. Bosan!

Jika itu jawaban kamu, berarti kita sama hehe. Tetapi itu dulu ketika aku belum mengerti tujuan sekolah. Teman, sekolah itu bukan hanya sekedar menuntut ilmu, tetapi lebih dari itu.

Mungkin orang tua kamu sering mengatakan seperti ini, “Nak, belajar yang rajin dan jadilah orang yang sukses!” walaupun tidak semua orang tua berkata seperti itu, tetapi intinya sama! orang tua menginginkan kita semua jadi orang yang lebih baik dan lebih sukses dari mereka.

Baca juga: Cara menghafal yang cepat

Selain belajar, tujuan sekolah apa?

Puisi Pendidikan - Mantan Guruku!
Kegiatan belajar di sekolah

Tujuan pendidikan di sekolah secara umum adalah menuntut ilmu, tetapi tidak hanya ilmu pendidikan formal saja yang kalian harus pelajari.

Lalu ilmu apa lagi yang harus pelajari?

Berikut ini bebeapa hal yang harus kalian pelajari selain materi pelajaran, diantaranya:

Tanggung Jawab dan Menyelesaikan Target.

Tahukan kalian jika Pekerjaan Rumah (PR) itu tidak hanya untuk mendapatkan nilai tambahan? seorang guru pernah memberitahuku, “PR itu untuk melatih dan memupuk rasa tanggung jawab pada siswa atau siswi sekolab, karena jika mereka tidak mengerjakan PR, berarti tidak memiliki rasa tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.”

Jika nanti sudah lulus sekolah, kuliah, dan bekerja,  akan malas-malasan bekerja karena tidak memiliki tanggung terhadap pekerjaannya, akhirnya kamu di berhentikan atau di PHK (Pemutusan Hubungan Kerja).

Biasanya pengumpulan PR itu selalu ditentukan waktunya, nah waktu ini adalah target kamu dalam menyelesaikan PR. Jika kamu bisa menyelesaikan sebelum target itu selesai berarti kamu hebat! Nah disinilah usaha kalian, bisa melihat referensi dari internet atau bertanya kepada orang tua atau orang terdekat. Yang jelas bukan mencontek di kelas sebelum dikumpulkan. ahahahaha.

Terdengar sepele memang, tetapi ini sangat penting. Jika rasa tanggung jawab sebagai siswa/siswi  terus kalian pupuk dari kecil, maka kedepannya kalian akan menjadi orang yang rajin dan ulet.

Bersosialisasi dengan teman di sekolah

Sekolahku SDN Pekayon 18 Pagi

Jika kalian sudah mengerti tentang tanggung jawab, sekarang saatnya kalian harus mengerti sosialisasi.

Apa itu sosialisasi dan kenapa harus bersosialisasi?

Berosiaslisasi dengan teman merupakan salah satu tujuan kamu untuk sekolah, kenapa? karena dengan melakukan ini, kamu bisa memiliki banyak teman.

Manfaat bersosialisasi di sekolah adalah kamu akan dikenal banyak orang, baik para siswa/siswi atau bahkan para guru. Apa manfaatnya? dengan memiliki teman banyak tentunya kalian akan banyak yang menolong jika ada masalah, kemudian kalian juga bisa jadi terkenal, hehe.

Ingat! jangan memanfaatkan teman, karena itu bisa membuat nama baik kamu jadi jelek, apa lagi mencontek PR. hehehe

Seorang guru pernah berkata, “Nilai tidak hanya dari tugas, tetapi dari sikap dan tingkah laku. Bahkan jika seorang anak itu bisa membantu teman lain, atau gurunya dalam hal yang berkaitan dengan pendidikan, itu bisa memberikan penilaian tambahan.”

Jika sampai di sini kalian masih belum mengerti, lihat saja di sekitar kalian. Siapa orang yang tidak terlalu pintar tapi banyak yang membantunya. Pasti Ada!

Nah, manfaatnya jika kalian sudah bekerja, kalian akan mudah bergaul dengan teman-teman di kantor, atau bahkan atasan atau bos kalian bisa melihat dan mengangkat kalian jadi pimpinan jika kinerja kalian bagus.

Baca juga: Rahasia pelajar di Jepang

Nah, ada lagi nih manfaatnya. Jika kalian belum bekerja, dengan banyak teman tentunya akan banyak sekali info lowongan perkerjaan yang kalian dapatkan. Atau bahkan diberikan rekomendasi sehingga mudah untuk melamat pekerjaan.

Cara paling simpel bergaul di sekolah adalah ikut ekstrakurikuler yang kalian sukai, misalnya bola, basket, atau apa saja yang bermanfaat untuk kalian.

Terima kasih sudah membaca Tujuan Sekolah Secara Umum.

Untuk saat ini mungkin itu yang bisa aku bagikan untuk kalian, semoga bermanfaat dan bisa menjadikan motivasi untuk kalian untuk giat belajar dan menganggap sekolah menjadi kegiatan yang seru.

Yuk tulis komentar kamu