in

Tuliskan 3 contoh sikap ramah lingkungan, jelaskan!

Tuliskan 3 contoh sikap ramah lingkungan, jelaskan!
Tuliskan 3 contoh sikap ramah lingkungan, jelaskan!

Tuliskan 3 contoh sikap ramah lingkungan, jelaskan! Ini pelajaran kelas 4, Sekolah Dasar (SD)/ Madrasah Ibtidaiyah (MI), materi PPKn.

Ramah lingkungan atau sering disebut sebagai go-green memang sedang banyak diserukan saat ini, salah satu contohnya dengan dilarangnya penggunaan kantong plastik ketika berbelanja.

Sikap ramah lingkungan adalah upaya seseorang untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih, nyaman, tidak tercemar, dll.

3 Contoh sikap ramah lingkungan

Masalahnya, banyak orang di luar sana yang berpikir bahwa urusan lingkungan itu kewajiban Pemerintah, padahal itu salah. Lingkungan bersih tercipta dari adanya kerjasama antara Pemerintah dan warganya.

Nah sobat penulis cilik, berikut ini aku coba tuliskan contoh sikap ramah lingkungan, yaitu:

Membuang sampah pada tempatnya

Jika kita membuang sampah pada tempatnya, tentunya tidak akan ada lagi sampah yang berserakan dimana-mana, lingkungan anak bersih dan enak dipandang.

Berbeda jika kita membuang sampah sebarangan, salah satunya ke sungai, selokan atau kali, tentunya akan menyebabkan pencemaran dan banjir jika musim penghujan tiba.

Membawa tas belanja

Kantong plastik merupakan salah satu penyumbang sampah terbesar, maka dari itu sudah banyak daerah yang mewajibkan untuk membawa kantong plastik sendiri jika berbelanja.

Tentunya ini tidak mudah, karena akan banyak merasa ribet atau dirugikan, namun ini diharapkan dapat menekan jumlah sampah kantong plastik di Indonesia.

Mengurangi Polusi

Jumlah kendaraan pribadi di Indonesia semakin banyak, terlihat dari semakin macetnya Ibu Kota. Jika kita menggunakan transportasi umum atau menggunakan sepeda untuk bepergian dan bekerja tentunya tingkat polusi akan menurun.

Sampah yang menumpuk sebaiknya dibuang pada tempatnya, jangan dibakar atau didiamkan, karena dapat menjadi polusi udara dari asap hasil pembakaran atau bau busuk dari sampah yang dibiarkan begitu saja.

Baca:
Mengapa kita memerlukan energi alternatif?
5 Pengaruh negatif interaksi manusia dengan lingkungan alamnya
Teknologi hijau di era globalisasi, Kriteria, dan Kesimpulan
Apa saja fungsi lingkungan bagi manusia?
Ada berapa jenis lingkungan?
Apa hak kita terhadap lingkungan?

Itulah jawaban dari soal: Tuliskan 3 contoh sikap ramah lingkungan, jelaskan! Koreksi jika aku salah dan bagikan jika ini bermanfaat.

Yuk tulis komentar kamu