in

Tuliskan 3 hikmah dari kisah Islam Setan yang muntah!

Tuliskan 3 hikmah dari kisah Islam Setan yang muntah!
Tuliskan 3 hikmah dari kisah Islam Setan yang muntah!

3 hikmah dari kisah Islam Setan yang muntah! Halo semuanya! Selamat datang di Penulis Cilik! Situs web yang mendukung pendidikan anak Indonesia dan pastinya sangat bermanfaat.

Pada kesempatan kali ini, aku ingin kembali membahas Salah satu tugas sekolahku. Soal lengkapnya adalah seperti ini “Tuliskan tiga hikmah atau faedah dari kisah Islam Setan yang muntah! Pelajaran Literasi Islam (LI) kelas 6 Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Seperti biasa, karena soalnya menuliskan hikmah dari suatu kisah, maka, aku akan mengulas sedikit kisah setan yang muntah itu yang sudah aku ringkas menjadi singkat.

Tuliskan 3 hikmah dari kisah Islam Setan yang muntah!

Dari Umayyah bin Mihshon: Seorang sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ia berkata,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- جَالِسًا وَرَجُلٌ يَأْكُلُ فَلَمْ يُسَمِّ حَتَّى لَمْ يَبْقَ مِنْ طَعَامِهِ إِلاَّ لُقْمَةٌ فَلَمَّا رَفَعَهَا إِلَى فِيهِ قَالَ بِسْمِ اللَّهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ فَضَحِكَ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- ثُمَّ قَالَ « مَا زَالَ الشَّيْطَانُ يَأْكُلُ مَعَهُ فَلَمَّا ذَكَرَ اسْمَ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ اسْتَقَاءَ مَا فِى بَطْنِهِ » 

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah duduk dan saat itu ada seseorang yang makan tanpa membaca bismillah hingga makanannya tersisa satu suapan.

Ketika ia mengangkat suapan tersebut ke mulutnya, ia mengucapkan, “Bismillah awwalahu wa akhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya).”

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun tertawa dan beliau bersabda, “Setan terus makan bersamanya hingga. Ketika ia menyebut nama Allah (bismillah), setan memuntahkan apa yang ada di perutnya.”

(HR. Abu Daud no. 3768, Ahmad 4: 336 dan An Nasai dalam Al Kubro 10113.)

Sobat Penulis Cilik, dari kisah di atas, sebutkan tiga hikmah yang dapat kalian petik. Sedangkan jawaban benar menurutku adalah:

  1. Kita harus membaca do’a atau menyebut nama Allah sebelum makan. Jika belum hafal doa sebelum makan, minimal membaca basmalah (بِسْمِ ٱللَّٰهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ)
  2. Pentingnya membaca doa, karena setan akan ikut makan jika kita lupa membacanya.
  3. Jika lupa membaca doa sebelum makan, hendaknya kita membaca “Bismillah, Awwalahu, Waaakhirohu”

Nah Sobat penulis cilik, berdoa sebelum makan termasuk salah satu dari Adab makan dan minum. Sekian jawaban dariku ya. Punya jawaban lain? Silahkan tulis saja di kolom komentar.

Baca:
Nama Setan atau Iblis dan Tugasnya!
Printable Stiker Doa Islami sehari hari Terbaru (Gratis)
Doa Untuk Kedua Orang Tua Beserta Artinya
Doa agar terhindar dari penyakit berbahaya

Koreksi ya jika aku salah dan bagikan ini jika bermanfaat. Terima kasih sudah membaca karyaku.

Kamu juga bisa mengirim tulisan seperti ini. Yuk, Buat Sekarang!

Yuk tulis komentar kamu