in

KerenKeren

Tuliskan bentang alam yang terdapat di Indonesia dan pengaruhnya terhadap kegiatan manusia!

Tuliskan bentang alam yang terdapat di Indonesia dan pengaruhnya terhadap kegiatan manusia!
Tuliskan bentang alam yang terdapat di Indonesia dan pengaruhnya terhadap kegiatan manusia!

Tuliskan bentang alam yang terdapat di Indonesia dan pengaruhnya terhadap kegiatan manusia! Hai semuanya… Selamat datang di Penulis Cilik! Situs Web yang mendukung pendidikan anak Indonesia dan pastinya sangat bermanfaat.

Nah, pada kesempatan kali ini, aku ingin kembali membahas salah satu tugas sekolahku. Soal lengkapnya adalah seperti ini “Tuliskan bentang alam yang terdapat di Indonesia dan pengaruhnya terhadap kegiatan manusia!” Ini adalah soal untuk Kelas 6, Sekolah Dasar, Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) masih mengenai materi geografis.

Ada yang sudah tahu jawabannya? Mungkin ada yang sudah tahu ya.. Nah, yang belum tahu, yuk, simak penjelasannya hanya di Penulis Cilik ….

Sebelumnya, ada yang tahu, apa itu bentang alam? Mari, kita bahas bersama-sama.

Bentang alam adalah daerah dengan aneka ragam bentuk permukaan bumi yang merupakan satu kesatuan. Indonesia memiliki banyak bentang alam.

Tuliskan bentang alam yang terdapat di Indonesia dan pengaruhnya terhadap kegiatan manusia!

Lantas, apa saja pengaruh bentang alam terhadap kegiatan manusia? Silahkan baca contoh beberapa bentang alam Indonesia dan pengaruhnya!

Pegunungan

Pegunungan adalah daerah yang terdiri dari beberapa gunung. Daerah ini biasanya berada pada ketinggian 700 meter di atas permukaan laut ( dpl ). Karena udaranya sejuk dan masih jauh polusi, daerah ini biasa dijadikan tempat rekreasi dan peristirahatan.

Daerah pegunungan juga cocok untuk pertanian jenis holtikultura. Seperti tumbuhan sayuran dan buah-buahan.

Baca: Sebutkan 5 Upaya Pembangunan Ekonomi di Daerah Pantai dan Pegunungan

Lembah

Lembah adalah suatu cekungan yang ukurannya panjang di permukaan bumi. Terbentuk dari air dan es yang mengikis pegunungan. Lembah juga sering disebut sebagai bidang daratan yang terperosok.

Lembah juga dikenal sebagai wilayah bentang alam yang dikelilingi oleh pegunungan atau perbukitan, yang luasnya mulai dari beberapa kilometer persegi hingga ribuan kilometer persegi.

Baca: Sebutkan tipe Iklim Matahari di Benua Amerika

Dataran tinggi

Dataran tinggi adalah daerah datar yang berada pada ketinggian lebih dari 400 meter di atas permukaan laut. Daerah ini cocok untuk perkebunan seperti teh dan kopi juga cocok untuk hortikultura.

Baca: Perbedaan petani di daerah dataran rendah dan petani di daerah dataran tinggi

Dataran rendah

Dataran rendah adalah daerah datar yang berada pada ketinggian sampai 200 meter di atas permukaan laut. Dataran rendah biasanya berada di sekitar pesisir pantai. Daerah ini cocok untuk pertanian, perumahan, peternakan, industri, dan perkebunan.

Baca: Sumber Daya Alam Dataran Rendah, apa saja ya?

Pantai

Pantai adalah daerah yang berbatasan langsung dengan laut. Umumnya, penduduk yang hidup di daerah ini bermata pencaharian sebagai nelayan.

Selain itu, pantai juga dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi. Sehingga banyak juga penduduk yang bekerja sebagai pengrajin dan penjual cenderamata.

Baca: 
Manfaat Pantai
Ciri-ciri Pantai

Sungai

Sungai dalam bahasa Inggris disebut river adalah suatu aliran air yang mengalir dari sumber mata air (hulu) menuju ke lautan atau muara (hilir).

Sungai adalah bagian dari permukaan bumi yang membawa air dari pegunungan menuju lautan. Sungai biasanya berawal dari bagian tinggi di pegunungan.

Di beberapa daerah, sungai dimanfaatkan sebagai sarana transportasi dan olahraga air seperti arung jeram.

Air sungai juga sering dimanfaatkan untuk mengairi sawah. Sungai ini, cukup banyak terdapat di beberapa daerah dan biasanya mudah dijumpai.

Baca:
Apa saja manfaat air sungai?
Apa itu Energi Air

Danau

Danau adalah cekungan luas di permukaan bumi yang terisi air dan dikelilingi daratan. Danau biasa dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi. Namun, biasanya danau ini hanya bisa dijumpai di beberapa tempat tertentu saja, tidak seperti sungai.

Baca: 
Danau terbesar di Afrika, Jawaban TTS
Proses terjadinya air tanah

Laut

Laut adalah air asin yang sangat luas dan menutupi permukaan bumi. Laut yang sempit, dan diapit dua pulau disebut selat. Laut umumnya dimanfaatkan untuk sarana transportasi, objek wisata, dan olahraga air.

Baca: Buatlah skema perbedaan angin darat dan angin laut!

Itulah jawaban yang dapat kuberikan dari soal: Tuliskan bentang alam yang terdapat di Indonesia dan pengaruhnya terhadap kegiatan manusia!. Sekian dulu pembahasan kita mengenai bentang alam ya…

Jika punya pertanyaan, silahkan tanyakan saja di kolom komentar. Dan jangan lupa, koreksi jika aku salah dan bagikan ini jika bermanfaat. Terima kasih sudah membaca.. Salam hangat sobat sobat Penulis Cilik.

Kamu juga bisa mengirim tulisan seperti ini. Yuk, Buat Sekarang!

Yuk tulis komentar kamu