in

NgakakNgakak SedihSedih SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas (Update)

Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas

Seiring dengan berkembangnya zaman, kini bermunculan produk-produk kerajinan tangan dari barang bekas yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

Bahkan dengan pengelolaan barang bekas tersebut, dapat membuka peluang usaha baru juga membantu mengatasi meningkatnya jumlah pengangguran.

Selain itu, dengan memanfaatkan barang bekas sebagai salah satu bahan utama kerajinan, maka akan membantu mengelola sampah, terutama plastik.

Kegiatan ini mendukung program 3R, Reduce, reuse dan recycle. Pada artikel ini terdapat banyak sekali ide untuk membuat kerajinan tangan lucu dengan bahan yang mudah didapat.

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

Ada banyak kerajinan tangan dari barang bekas yang memiliki nilai jual yang tinggi, dimana bahan utamanya antara lain adalah plastik bekas sabun, shampo, detergen, minyak dan lain-lain dapat diolah menjadi dompet dan tas.

Botol bekas aqua atau minuman lain juga dapat dimanfaatkan, salah satunya adalah untuk pot tanaman hias. Berikut ini adalah beberapa jenis kerajinan tangan dari barang bekas yang dapat kamu jadikan referensi dan memiliki nilai jual yang tinggi:

Kerajinan dari bekas kepingan CD

Kerajinan berbentuk burung dengan bahan dasar CD

kerajinan tangan burung dari cd bekas
Kerajinan tangan burung dari cd bekas

Kepingan CD yang sudah tidak terpakai dapat dibuat menjadi hiasan pada gitar. Hal ini dapat meningkatkan nilai seni dari gitar tersebut.

mosaic guitar dari cd bekas
mosaic guitar dari cd bekas

Kamu juga dapat menggunakan kepingan pecahan CD untuk menghiasai pot keramik. Hal ini dapat menambah keunikan dan keindahan pot tersebut.

hiasan pot dari cd bekas
hiasan pot dari cd bekas

Kamu juga dapat memanfaatkan kepingan CD untuk menghiasi meja kaca, dompet, tempat tisu, topi, hiasan dinding, bingkai kaca dan lain-lain.

hiasan tempat tisu dari cd
hiasan tempat tisu dari cd

Cara membuat kerajinan tangan dari CD

Cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah dibuat dan didapat, yaitu menggunakan bahan dasar CD bekas. Kita akan membuat frame album keluarga.

Alat dan bahan

  1. Foto keluarga yang sudah di print
  2. CD yang masih bening tetapi tidak digunakan
  3. Lem
  4. Gunting
  5. Pensil

Cara membuat

  1. Gunting foto sesuai dengan banyaknya cd, disarankan untuk membuatnya bulat lebih kecil dari ukuran CD, tujuannya adalah agar efek cahaya timbul jika ada yang melihat foto.
  2. Susun CD sesuai dengan keinginan, rekatkan dengan lem plastik, seperti power glue, dll.
  3. Kemudian tempelkan foto-foto tepat di tengah lingkaran cd, rekatkan menggunakan lem.

Silahkan simak video penjelasannya, di bawah ini.

Kerajinan tangan dari botol bekas

Hampir semua produk minuman dikemas dalam botol untuk dipasarkan. Hal ini dapat meningkatkan jumlah sampah di bumi ini. Oleh karena itu, munculah ide-ide brilian yang mencoba menggali keunikan dari botol untuk dimanfaatkan menjadi barang yang serbaguna dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Oleh karena itu, kini muncullah beragam kerajinan tangan yang memanfaatkan botol bekas seperti berikut ini:

Hiasan dinding dari berbagai macam tutup botol

hiasan dinding dari tutup botol
hiasan dinding dari tutup botol

Seseorang dengan daya imajinasi dan kreatifitas yang tinggi mampu menciptakan beragam seni. Limbah yang sebagaian besar orang anggap biasa dan tidak bermanfaat ternyata dapat disulap menjadi kerajinan yang menarik. Salah satu contohnya adalah menghiasi dinding rumah dengan tutup botol.

Hiasan Lampu

hiasan lampu dari botol
hiasan lampu dari botol

Botol minuman juga dapat bermanfaat untuk membuat hiasan lampu. Cara lumayan memakan waktu lama, karena hita harus mengumpulkan dan merangkai penyangga untuk mengantung lampu.

Bunga Hias

kerajinan bunga dari botol bekas
kerajinan bunga dari botol bekas

Kamu dapat membuat bunga untuk menghiasi rumah menggunakan botol-botol bekas yang diwarnai sehingga menambah nilai kreativitas dan keunikan.

Hiasan pagar rumah

hiasan pagar menggunakan botol warna warni
hiasan pagar menggunakan botol warna warni

Botol aqua bekas dapat juga dimanfaatkan untuk menghiasi pagar rumah kamu, namun harus kamu cat terlebih dahulu agar terlihat lebih menarik.

Tempat Perhiasan

tempat perhiasan dari cup minuman
tempat perhiasan dari cup minuman

Membuat tempat perhiasan dari botol bekas atau cup minuman siap saji.

Banyak orang yang menganggap botol bekas hanyalah sampah yang siap dibuang. Perlu kamu ketahui bahwa botol bekas juga dapat dimanfaatkan untuk menjadi tempat perhiasan yang bagus.

Melukis Bunga

botol bekas untuk melukis bunga
botol bekas untuk melukis bunga

Kamu pun dapat menggunakan botol bekas untuk cetakan yang digunakan untuk melukis bunga di kertas. Jika kamu serius, ini bisa menjadi ide karya seni yang bernilai tinggi.

Celengan untuk Menabung

celengan babi dari botol
celengan babi dari botol

Botol bekas juga dapat kamu ubah menjadi sebuah celengan untuk menabung uang.

Bentuk dari celengan ini sangat unik dan cara membuatnya pun sangat mudah, yaitu ambil dua buah botol, lalu disambung dan diberi lubang sebagai tempat untuk memasukkan uang.

Tempat pensil dari botol bekas

Tempat pensil dari botol bekas
Tempat pensil dari botol bekas

Kamu dapat memanfaatkan botol bekas plastik untuk meletakkan pensil dan peralatan menulis. Cara membuatnya pun sangat mudah dan cepat. Kamu dapat berkreasi dengan menyulap botol bekas menjadi barang serbaguna.

Tempat makan burung

Tempat makan burung dari botol
Tempat makan burung dari botol

Baca juga : Cara membuat boneka danbo

Kerajinan Tangan Dari Kardus Bekas

Kardus bekas ternyata juga dapat menjadi sumber penghasilan dengan membuatnya menjadi beragam barang yang unik dan menarik. Meskipun untuk membuatnya sedikit lebih sulit dan membutuhkan keterampilan maka kerajinan dari kardus ini memiliki nilai jual yang tinggi. Berikut ini adalah beberapa barang yang berasal dari kardus bekas, antara lain adalah:

Rak dinding

rak dinding dari kardus
rak dinding dari kardus

Keterampilan itu sangat simpel dan sederhana. Untuk menghasilkan barang yang mewah tidak harus mahal. Barang bekas pun dapat diubah menjadi barang yang bernilai jual tinggi. Semua tinggal dikembalikan kepada kamu apakah akan memanfaatkannya untuk meningkatkan jiwa seni atau tidak.

Rumah bermain anak

kerajinan dari kardus rumah rumahan
kerajinan dari kardus rumah rumahan

Kamu dapat melatih daya kreatifitas dengan membuatkan rumah kardus untuk bermain. Selain itu, kamu juga dapat menampilkan mainan edukasi agar melatih adikmu untuk aktif dan memainkan imajinasinya.

Jam Analog untuk mengenal waktu

jam analog untuk belajar
jam analog untuk belajar

Jam analog 2D. Kamu dapat menggunakannya untuk hiasan dinding atau dapat pula digunakan sebagai alat peraga dalam mengajar matematika untuk jenjang sekolah dasar.

Miniatur yang terbuat dari kardus

miniatur perahu dari kardus
miniatur perahu dari kardus

Kamu tidak perlu repot untuk mencari mainan yang memiliki nilai edukasi. Kamu dapat menggunakan kardus bekas untuk menyusunnya menjadi mainan seperti miniatur rumah, spbu, taman, membuat perahu, dan lain-lain.

Mainan robot

mainan robot dari kardus
mainan robot dari kardus

Kardus dibuat pola lalu disatukan hingga terbentuk sebuah robot yang unik dan rapi sehingga mampu menembus pasaran karena memiliki nilai jual yang tinggi.

Rumah kucing dari kardus

rumah kucing dari kardus
rumah kucing dari kardus

Jika kamu suka memelihara binatang di rumah, dapat memanfaatkan kardus bekas dan menyusunnya menjadi rumah bintang, salah satunya adalah kucing dan lain-lain.

Lampu geometric dari kardus

lampu geometri dari kardus
lampu geometri dari kardus

Kap lampu dengan model klasik

kardus kap lampu klasik
kardus kap lampu klasik

Baca juga : Cara membuat kacamata virtual

Kerajinan Tangan Dari Tutup Botol

Berikut ini adalah beberapa kerajinan tangan yang dapat kamu jadikan sebagai sumber referensi untuk membuat keterampilan dan mengasah kemampuan dalam membuat kerajinan tangan dari barang bekas:

Membuat hiasan gantung dari tutup botol

gantungan tas dari tutup botol
gantungan tas dari tutup botol

Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan melubangi bagian tengah tutup botol lalu dirangkai menggunakan kawat kecil dan dikaitkan dengan tali untukmenggantungkan hiasan tersebut.

Membuat hiasan kalung dari tutup botol

liontin kalung dari tutup botol
liontin kalung dari tutup botol

Tutup botol merupakan salah satu limbah yang tidak dapat membusuk dan tidak dapat diuraikan. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa tutup botol harus digunakan untuk bahan keterampilan.

Cara memanfaatkannya pun sangat mudah, yaitu dengan membersihkan tutup botol lalu lubangi, kemudian tambahkan pita, foto, dan beragam pernak pernik yang menambah kecantikan hiasan tersebut

Untuk mendekorasi meja mainan anak

mainan meja dan kursi tutup botol
mainan meja dan kursi tutup botol

Untuk membuat replika ikan

mainan replika ikan untuk mainan anak
mainan replika ikan untuk mainan anak

Cara membuatnya pun cukup mudah namun tetap membutuhkan kesabaran dan daya kreativitas yang tinggi. Yang perlu kalian tahu, ekor ikan itu menggunakan kertas origami, atau kalian juga dapat menggunakan variasi koran bekas, atau bahan lain yang kira-kira dapat membuat unik dan menarik.

Tempat perhiasan dari tutup botol bekas

tempat perhiasan dari tutup botol
tempat perhiasan dari tutup botol

Kamu jangan bingung lagi untuk meletakkan perhiasan agar tidak mudah tercecer dan berantakan. Dengan menggunakan kaleng tempat kue atau kardus bekas tempat sepatu, ditambahkan hiasan pita, beberapa tutup botol, dan ornamen tambahan lain, dapat membantu kotak perhiasan dari tutup botol yang lucu.

Hiasan Dinding

hiasan dinding
hiasan dinding

Tutup botol juga dapat dimanfaatkan untuk menghiasi dinding rumah. Kamu dapat mendesainnya sesuai dengan kemampuan dan keiginan. Salah satunya adalah membuat hiasan dinding pohon lucu yang sedang berbunga atau menggunakan figura bekas dan menyusun tutup botol di dalamnya.

Membuat jam dinding dari tutup botol.

jam dinding untuk mainan anak
jam dinding untuk mainan anak

Cara membuatnya pun sangat mudah, kamu pun dapat membuatnya sebagai salah satu alat peraga dalam mengajar.

Terima kasih sudah membaca kerajinan tangan dari barang bekas, semoga bermanfaat.

Yuk tulis komentar kamu