in ,

NgakakNgakak

Cerpen Persahabatan Lucu – Mencari Pondasi

Cerpen Persahabatan Lucu - Mencari Pondasi
Cerpen Persahabatan Lucu - Mencari Pondasi

Cerpen Persahabatan Lucu – Mencari Pondasi. Siang ini para guru harus melaksanakan rapat dadakan di ruang kepala sekolah. Pak Nanang yang akan mengajar bahasa Indonesia di kelas enam harus pergi meninggalkan kelas bahkan sebelum pembelajaran dimulai. Ia pun meminta anak-anak untuk membuat karangan tentang diri sendiri. Setelah memberikan tugas itu, Pak Nanang pergi ke luar kelas.

Membuat karangan bukanlah hal yang sulit bagi Jemmy, ia dikenal sebagai anak yang sangat pintar mengolah kata-kata. Berbeda dengan sahabatnya. Tom, yang selalu kesulitan membuat tulisan. Jangankan menulis, membaca saja kadang ia masih suka salah.

“Mau bikin tulisan tentang apa, Jem?” Tanya Tom dengan raut wajah meminta bantuan.

“Mau tentang cita-cita, ah!” Kata Jemmy semangat, ia bercita-cita jadi sastrawan, maka dalam karangannya nanti akan ia selipkan puisi untuk Pak Nanang.

Tom tak kuasa meminta bantuan pada Jemmy yang sedang asik menulis, bisa-bisa ide Jemmy buyar dan jadi marah pada Tom. Akhirnya, Tom berusaha mengingat apa saja yang bisa dijadikan bahan tulisan. Tentang cita-cita? Nanti disangka mencontek ide Jemmy. Tentang hobi? Hobinya hanya makan dan numpang makan di rumah Jemmy. Aduh, kok pusing ya, jerit Tom dalam hati.

Bagai bola lampu yang menyala di atas kepala, Tom tersenyum lebar ketika sebuah ide datang dari otaknya. Dengan penuh semangat, ia pun berkata, “Aku mau bikin tulisan tentang pondasi!”

Meski samar-samar, Jemmy masih bisa mendengar perkataan Tom. Dengan heran, Jemmy menengok ke arah sahabatnya yang sudah memegang bolpoin dan siap menulis.

“Hah? Mau nulis tentang pondasi?”

“Iyaaaa!” Kata Tom semangat.

Jemmy mengerutkan dahinya, “Pondasi apa? Pondasi rumah?”

“Hah?” Tom ikutan bingung, “Pondasi diri sendirilah, ngapain pondasi rumah?”

Tom dan Jemmy diam dalam keheningan. Dalam hati, Jemmy berpikir Tom akan menulis tentang prinsip hidup. Ia pernah membaca bahwa pondasi adalah dasar agar sesuatu terbentuk secara kukuh. Mungkin hal itu juga yang akan Tom tuliskan.

“Oh, kamu punya prinsip hidup apa memang?” Tanya Jemmy memastikan.

“Kok prinsip hidup?” Tom makin frustrasi, “Pondasi, ituloh kemampuan kita. Aku kan bisa makan banyak, siapa tahu nanti bisa bikin channel youtube mukbang gitu!”

Jemmy berpikir keras, sepertinya ada yang salah dengan pemahaman Tom. Setelah berdiskusi dengan dirinya sendiri, Jemmy berteriak, “Itu namanya potensi, Tom, bukan pondasiiiii!”

Baca:
Cerpen Tentang Corona
Puisi tentang sahabat yang terpisah
Puisi tentang Corona
Puisi tentang alam

Terima kasih sudah membaca dan membagikan Cerpen Persahabatan Lucu – Mencari Pondasi. Semoga bermanfaat.

Yuk tulis komentar kamu