in

NgakakNgakak TakutTakut SedihSedih SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Apa yang harus dilakukan ketua kelas

Cara Jadi Ketua Kelas Yang Baik, Tegas, Disegani, dan Kreatif
Cara Jadi Ketua Kelas Yang Baik, Tegas, Disegani, dan Kreatif

Cara Jadi Ketua Kelas Yang Baik, Tegas, Disegani, dan Kreatif. Hi, Aku Alvian, ketua kelas itu harus menjadi contoh dan disukai teman-teman di kelas. Aku sudah lama menjadi ketua kelas, dan mereka senang kepadaku, buktinya dari kelas 3 sampai sekarang aku kelas 6 SD, aku masih menjadi ketua kelas.

Ada yang mau tahu rahasianya? dan apa ciri-ciri ketua kelas yang baik? Baca baik-baik ya tips dan trik dari aku ini.

Cara Jadi Ketua Kelas Yang Baik, Tegas, Disegani, dan Kreatif

Sebelumnya aku mau bertanya dulu ya, sebenarnya tugas ketua kelas itu apa? Tugas yang paling utama seorang ketua kelas adalah menjaga ketertiban kelas dan kenyamanan. Maksud kelas tertib adalah tidak berisik atau gaduh, nah jika sudah seperti itu, maka kelas pun akan nyaman.

Ketua kelas dibantu oleh wakil ketua, ada juga beberapa seksi lainnya, yaitu bendahara, sekretaris, seksi kemanana, seksi kebersihan, seksi keagamaan, dll. Semua itu ada dibawah ketua kelas, jadi kalian bisa membagi tugas, jangan merasa jadi ketua.

Baca juga:

  1. Cara jadi bendahara kelas
  2. Contoh jadwal piket kelas
  3. Contoh struktur organisasi kelas unggulan

Tips dan trik jadi ketua kelas yang baik

  1. Buat kesepakatan dengan teman-teman di kelas, siapapun yang bersalah dan mendapatkan hukuman jangan menolak dan marah.
  2. Jika ada masalah di kelas, harus bisa menengahi, jangan sampai kalian pilih-pilih teman yang dimenangkan, intinya harus adil sesama teman.
  3. Harus berani tegas kepada teman yang salah, jangan karena teman kita lalu tidak dihukum.
  4. Ramah kepada teman, jika mau menegur, jangan dengan kekerasan atau marah-marah.
  5. Harus dekat dengan wali kelas, karena jika kalian dekat dengan Ibu/Bapak guru wali kelas, kalian akan ditakuti teman-teman yang lain.
  6. Mau berbagi tugas dengan wakil ketua kelas. Pokoknya jangan merasa diri paling hebat deh.
  7. Mau dikritik oleh teman-teman yang lain.
  8. Terakhir, buat hukuman yang membuatnya malu dan tidak menyakitinya, misalnya coret pipinya dengan spidol selama jam pejaran. Jika Ibu/Bapak guru bertanya, jelaskan itu hukuman.
  9. Karena ketua kelas itu pemimpin kelas, kita juga harus menjadi contoh yang baik, jangan pecicilan, maka kalian akan dihormati sama teman-teman yang lain. 😀

Baca juga: Contoh pidato singkat perpisahan di Sekolah

Itu tips dan trik cara jadi ketua kelas yang baik dari aku, terima kasih telah membaca dan jika kalian ingin menambahkan tips lainnya, tulis di kolom komentar ya…

Yuk tulis komentar kamu