in ,

NgakakNgakak TakutTakut SedihSedih SenangSenang KagetKaget KerenKeren

Bagaimana cara kerja peredaran darah manusia?

Bagaimana cara kerja peredaran darah manusia?
Bagaimana cara kerja peredaran darah manusia?

Bagaimana cara kerja peredaran darah manusia? Begitu pentingnya peredaran darah dalam tubuh kita, karena jika peredaran darah lancar, tentunya tubuh akan sehat dan bugar.

Jika peredaran darah lancar, maka semangat untuk belaajar tinggi, juga konsentrasi dan fokus kita meningkat. Salah satu cara untuk melancarkan peredaran darah adalah dengan berolahraga yang teratur dan makan makanan yang sehat.

Vitamin juga berperan cukup penting, untuk memenuhi kebutuhan metabolisme yang tidak di produksi oleh tubuh.

Baca juga: Sebutkan 3 macam fungsi otot pada manusia

Bagaimana cara kerja peredaran darah manusia?

Sebelum membahas tentang peredaran darah, aku ingin mengingatkan kalian tentang jantung.

Apa itu Jantung?

Jantung adalah salah satu organ vital dalam tubuh kita khususnya untuk peredaran darah, dimana fungsinya adalah untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh manusia.

Jantung terletak di sebelah kiri dada kita, berikut ini adalah 4 bagian jantung dan fungsinya, yaitu:

4 bagian jantung dan fungsinya
4 bagian jantung dan fungsinya

Dari gambar di atas, dapat dijelaskan secara singkat seperti ini:

  1. Jantung kanan dan kiri memiliki Atrium dan Ventrikel, dimana Atrium berada pada bagian kanan dan kiri bagian atas. Sedangkan Ventrikel berada di bagian bawah kanan dan kiri.
  2. Terdapat kantung yang membungkus jantung, namanya perikardium. Fungsinya untuk melindungi jantung, di dalamnya mengandung sedikit cairan.
  3. Bagian dinding jantung terdiri dari 3 lapisan, yaitu
    1. Epikardium
    2. Miokardium
    3. Endokardium

Cara kerja organ peredaran darah

Masih melihat gambar di atas, kita dapat mengetahui cara kerja organ peredaran darah kita.

  1. Darah yang banyak mengandung karbon dioksida mengalir ke jantung sebelah kanan, memasuki jantung melalui atrium kanan (vena kava superior dan inferior menuju ventrikel) lihat gambar yang berwarna biru.
  2. Kemudian jantung memompa darah searah melalui pembuluh darah, menuju ke paru-paru, dari sinilah darah melepaskan karbon dioksida dan mendapatkan oksigen.
  3. Darah yang sudah mengandung oksigen tadi menuju atrium kiri, kemudian turun melewati ventrikel kiri dan dipompa ke seluruh tubuh melalui aorta.
  4. Oksigen dan nutrisi dari hati yang terdapat pada darah itu dipakai untuk metabolisme, kemudian menjadi karbon dioksida.
  5. Zat sisa yang terdapat di dalam darah menuju hati dan ginjal. Perbandingan jumlah darah yang terpompa sama antara ke paru-paru sama dan ke seluruh tubuh.

Proses itu terus berulang-ulang, selama manusia masih normal. Maka dari itu orang yang memiliki kelainan fungsi jantung, jantunya perlu alat bantu.

Nah, mumpung kita sehat, rajinlah berolahraga, karena selain tubuh sehat, sistem kerja jantung pun ikut sehat, tidak harus berlebihan, cukup jalan santai,  sit up, push up, atau hal lain yang membuat badan kita berkeringat.

Video penjelasan peredaran darah

Berikut ini adalah video animasi penjelasan peredaran darah.

Baca juga: Jelaskan dari manakah energi matahari dihasilkan?

Itulah penjelasan singkat tentang bagaimana cara kerja peredaran darah manusia, semoga bermanfaat. Terima kasih sudah membaca, jangan lupa koreksi jika aku salah.

Contributor

Ditulis oleh Ulfa DJ

Hellooo

Years Of MembershipContent AuthorQuiz Maker

Comments

Yuk tulis komentar kamu

Loading…

0

Komentar FB

0